ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE

Authors

  • novel reonald Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Ni Putu Sinta UNIV WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA
  • Novendi Yusuf UNIV WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA

Keywords:

Analisis, Factor-faktor,Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik Maybeline Di Kota Samarinda. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah pengaruh gaya hidup terhadap pembelian kosmetik Maybelline yaitu factor internal yaitu factor pribadi dan factor eksteral yaitu kelas social dan kelompok refrensi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian yang digunakan adalah konsumen maybelline di Kota Samarinda dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah  regresi linear dan data penelitian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa factor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor pribadi sebesar 0.502>0.05, faktor kelas social sebesar 0.02<0.05 dan faktor group referensi sebesar 0.02<0.05.secara keselurhan berpengaruh positif dan signifikan.

References

Amalina Hudani. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. E-BISMA, 1(2), 99-107.

Aulia Asmarani, dkk. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi (Literature Review Msdm). Jurnal ilmu manajemen terapan

Heka Ananda Putri. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Mauledy Ahmad. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Keadaan Ekonomi, Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Beat Di Kota Sungai Penuh. E-jurnal. Vol 2(2) 2021.

Ninin Non Ayu Salmah. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetika Sari Ayu Pada Toko La Tahzan Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 12, No.1,April 2015 : 1 – 13

Putra Sangun Subarman, Hendri Dunan. (2022). Pengaruh Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Karakteristik Produk Terhadap Keputusan Pembelian. SINOMIKA JOURNAL

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

reonald, novel, Sinta, N. P., & Yusuf, N. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE . Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 240–251. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2308

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)