ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ‎iPHONE

Authors

  • Mardiono Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam
  • Noor Rahmadina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

perilaku konsumen, keputusan pembelian

Abstract

Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Jenis penelitian asosiatif dengan analisis kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengukur dan menganalisis perilaku konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Variabel-variabel yang diteliti, yaitu: variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) dan variabel keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli iPhone di Kota Samarinda. 

Teknik sampling menggunakan metode nonprobalitas yakni purposive sampling dengan menggunakan pengambilan sampel bola salju (snowball sampling), Jumlah sampel 50 orang responden. Alat Analisis menggunakan Regresi Linier Berganda serta Uji Validitas, Reabilitas, Koefisien Korelasi (R), Koefisien Determinasi (R2) dan Uji t, Uji F. Pengolahan data menggunakan program computer SPSS versi 25 .

Hasil penelitian berdasarkan Uji t atau uji parsial bahwa faktor sosial (X1) t hitung 3,435 > t tabel 2,319 (berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05 (signifikan). Faktor budaya (X2) t hitung 1,214 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,231 > 0,05 (tidak signifikan). Faktor pribadi (X3) t hitung 0,305 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,761 < 0,05 (tidak signifikan). Faktor psikologi (X4) t hitung 1,022 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,312 > 0,05 (tidak signifikan). Menunjukkan bahwa faktor psikologi (X4) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Pada hasil uji F diperoleh bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan nilai F hitung 6,597 > F tabel 3,086 yang berarti menunjukkan bahwa Faktor Sosial (X1), Faktor Budaya (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Prikologi (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Author Biography

Mardiono Mardiono, Universitas Widya Gama Mahakam

References

Anonim. (2013, Juni). Survei: Pengguna iPhone Cenderung Mapan dan Terpelajar. Detikinet. ‎Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-2267210/survei-pengguna-iphone-‎cenderung-mapan-dan-terpelajar

Anoraga, Pandji. (2000). Manajemen Bisnis. Edisi Kedua. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Arnold, J & Thompson, C.J. (2005). Consumer Culture Theory (CCT). Twenty Years of ‎Research. Journal of Consumer Research,31, 193-219.‎

F, Randi Fauzi. (2020, Oktober). Survey Menyebut iPhone 12 Menarik Pengguna Android ‎Untuk Beralih ke iOS. MakeMac. Diakses dari ‎https://makemac.grid.id/read/212372253/survey-menyebut-iphone-12-menarik-‎pengguna-android-untuk-beralih-ke-ios?page=all

Kristo, Fino Yurio. (2018, November). Survei: Pengguna Android Lebih Miskin Pemakai ‎iPhone. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-4291102/survei-‎pengguna-android-lebih-miskin-dari-pemakai-iphone

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 – jilid 1 .Jakarta ‎‎: Erlangga.‎

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2006). Marketing Management Edisi 12. Pearson ‎Education : New Jersey.‎

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. (2004). Dasar Pemasaran. PT Indeks. Jakarta ‎

Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1 Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta

Mowen, Jhon C., dan Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen. Terjemahan Lina Salim. ‎Jilid 1 Edisi 5. Erlangga, Jakarta.‎

Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontenporer pada Motif, Tujuan, dan ‎Keinginan Kosumen. Jakarta: Kencana.‎

Prasetijo, Ristiayanti dan Ihalauw, John J.O.I (2005). Perilaku Konsumen. Edisi I. Andi ‎Offset. Yogyakarta.‎

Ratih, FM Ratih. Mulyati, Awin. Tjahjono, Endro. (2016). Jurnal Dinamika Administrasi ‎Bisnis. jurnal.untag-sby.ac.id. Vol 2. Diakses dari http://jurnal.untag-‎sby.ac.id/index.php/adbis/article/view/2157

R, I. Jeko. (2019, Januari 2019). Survei: Pengguna iOS dan Android Kini Sama Loyal. ‎Liputan6. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3883142/survei-‎pengguna-ios-dan-android-kini-sama-sama-loyal

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.‎

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Cetakan 1 ‎Caps. Yogyakarta.‎

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen Di Era Internet. Edisi Pertama. Graha Ilmu, ‎Yogyakarta.‎

Schiffman, Leon G. & Leslie Lazar Kanuk. (2004). Consumer Behavior. 8 thed. New Jersey: ‎Pearson Prentice Hall. ‎

Silaban, Bernard E. Ardila, Hana. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan ‎Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Esensi. Jurnal Manajemen ‎Bisnis. ibn.e-journal.id. Vol 20. Diakses dari ‎https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Keputusan+Pembelian+iphone&btnG=

Widhiarta, I Gede Teguh Esa. Wardana, Made. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap ‎Keputusan Pembelian Iphone Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen. Universitas ‎Udayana. Vol 4. Diakses dari ‎https://ocs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10179

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Mardiono, M., & Rahmadina, N. (2024). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ‎iPHONE. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 230–245. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2802

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)