ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN iPHONE
Keywords:
perilaku konsumen, keputusan pembelianAbstract
Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Jenis penelitian asosiatif dengan analisis kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengukur dan menganalisis perilaku konsumen yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Variabel-variabel yang diteliti, yaitu: variabel faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4) dan variabel keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli iPhone di Kota Samarinda.
Teknik sampling menggunakan metode nonprobalitas yakni purposive sampling dengan menggunakan pengambilan sampel bola salju (snowball sampling), Jumlah sampel 50 orang responden. Alat Analisis menggunakan Regresi Linier Berganda serta Uji Validitas, Reabilitas, Koefisien Korelasi (R), Koefisien Determinasi (R2) dan Uji t, Uji F. Pengolahan data menggunakan program computer SPSS versi 25 .
Hasil penelitian berdasarkan Uji t atau uji parsial bahwa faktor sosial (X1) t hitung 3,435 > t tabel 2,319 (berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05 (signifikan). Faktor budaya (X2) t hitung 1,214 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,231 > 0,05 (tidak signifikan). Faktor pribadi (X3) t hitung 0,305 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,761 < 0,05 (tidak signifikan). Faktor psikologi (X4) t hitung 1,022 < t tabel 2,319 (tidak berpengaruh) dan nilai signifikannya 0,312 > 0,05 (tidak signifikan). Menunjukkan bahwa faktor psikologi (X4) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Pada hasil uji F diperoleh bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan nilai F hitung 6,597 > F tabel 3,086 yang berarti menunjukkan bahwa Faktor Sosial (X1), Faktor Budaya (X2), Faktor Pribadi (X3) dan Faktor Prikologi (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
References
Anonim. (2013, Juni). Survei: Pengguna iPhone Cenderung Mapan dan Terpelajar. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-2267210/survei-pengguna-iphone-cenderung-mapan-dan-terpelajar
Anoraga, Pandji. (2000). Manajemen Bisnis. Edisi Kedua. PT. Rineka Cipta. Jakarta
Arnold, J & Thompson, C.J. (2005). Consumer Culture Theory (CCT). Twenty Years of Research. Journal of Consumer Research,31, 193-219.
F, Randi Fauzi. (2020, Oktober). Survey Menyebut iPhone 12 Menarik Pengguna Android Untuk Beralih ke iOS. MakeMac. Diakses dari https://makemac.grid.id/read/212372253/survey-menyebut-iphone-12-menarik-pengguna-android-untuk-beralih-ke-ios?page=all
Kristo, Fino Yurio. (2018, November). Survei: Pengguna Android Lebih Miskin Pemakai iPhone. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/consumer/d-4291102/survei-pengguna-android-lebih-miskin-dari-pemakai-iphone
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 – jilid 1 .Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2006). Marketing Management Edisi 12. Pearson Education : New Jersey.
Kotler, Philip dan Garry Amstrong. (2004). Dasar Pemasaran. PT Indeks. Jakarta
Lamb, Hair dan McDaniel. (2001). Pemasaran. Buku 1 Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta
Mowen, Jhon C., dan Minor, Michael. (2002). Perilaku Konsumen. Terjemahan Lina Salim. Jilid 1 Edisi 5. Erlangga, Jakarta.
Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontenporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Kosumen. Jakarta: Kencana.
Prasetijo, Ristiayanti dan Ihalauw, John J.O.I (2005). Perilaku Konsumen. Edisi I. Andi Offset. Yogyakarta.
Ratih, FM Ratih. Mulyati, Awin. Tjahjono, Endro. (2016). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. jurnal.untag-sby.ac.id. Vol 2. Diakses dari http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/view/2157
R, I. Jeko. (2019, Januari 2019). Survei: Pengguna iOS dan Android Kini Sama Loyal. Liputan6. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3883142/survei-pengguna-ios-dan-android-kini-sama-sama-loyal
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta
Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Cetakan 1 Caps. Yogyakarta.
Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen Di Era Internet. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Schiffman, Leon G. & Leslie Lazar Kanuk. (2004). Consumer Behavior. 8 thed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Silaban, Bernard E. Ardila, Hana. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Esensi. Jurnal Manajemen Bisnis. ibn.e-journal.id. Vol 20. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Keputusan+Pembelian+iphone&btnG=
Widhiarta, I Gede Teguh Esa. Wardana, Made. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen. Universitas Udayana. Vol 4. Diakses dari https://ocs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mardiono Mardiono, Noor Rahmadina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.