Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Brand Loyalty dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung
Keywords:
brand awarness, brand association, brand loyalty, perceived qualityAbstract
Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Brand Loyalty dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu penelitian kausalitas yang menguji hipotesis mengenai hubungan kausalitas antara variabel brand awarness (X1), brand association (X2), brand loyalty (X3) dan perceived quality (X4) terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (Y).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik metode survei dengan menggunakan kuesioner. Setiap jawaban responden untuk kuesioner diberi skor nilai menggunakan skala ordinal (Skala Likert 1 - 4). Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang membeli dan menggunakan smartphone Samsung dengan jumlah sampel sebanyak 125 orang responden dengan penentuan ukuran sampel menggunakan teknik Maximum Likelihood Estimation (MLE) oleh Hair, et. al
Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regression Analysis yaitu analisis Regresi Linear Berganda (Regression Linier Method), Koefisien Korelasi (R) dan Koefisien Determinasi (R2) serta Uji Parsial (Uji T) dan Uji Simultan (Uji F).
Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial Brand Awareness (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial Brand Association (X2) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial Brand Loyalty (X3) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial Perceived Quality (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara simultan Brand Awarness (X1), Brand Association (X2), Brand Loyalty (X3) dan Perceived Quality (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y)
References
Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Anonim. (2022). Mobile Vendor Market Share in Indonesia https://gs.statcounter.com/vendor-market-share/mobile/indonesia Diakses tanggal 3 Januari 2023
Anonim. (2022). Top Brand Index Smartphone. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ Diakses Tanggal 3 Januari 2023
Ardiansyah, S. M. R., & Sutopo, S. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Internet Service Provider (ISP) Smartfren di Semarang (Studi Pada Mahasiswa Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 2(1), 1-12.
Bambang, Abas, dan Meyzi Heriyanto. (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau 4 (2): 1–11.
Durianto, Darmadi dkk. (2004). Brand Equity dan Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Durianto, Darmadi, dkk. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fandy, Tjiptono. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Firmansyah, M Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategi). Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media
Firmansyah, M Anang. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish Publisher
Firdaus, Muhammad. (2019). Ekonometrika; Suatu Pendekatan Aplikatif. Edisi 3. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Hair, et. al. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2005). Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.
Nugroho J. S. (2003). Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Jakarta: Prenada Media.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. (2010). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.
Simamora, Bilson (2001), Remarketing for Business Recovery, Sebuah Pendeketan Riset, Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Darlan, Ronaldi, Aris Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.