ANALISIS TINGKATAN BRAND AWARNESS PADA PENYEDIA JASA LAYANAN OJEK ONLINE STUDI KASUS KOTA SAMARINDA

Authors

  • Novel Reonald Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Hisyam Muhammad Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1534

Keywords:

Brand Awarness, Brand Recall, Brand Recognition, Top Of Mind Awarness, Brand Dominance

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini berjudul analisis  Brand Awarness dimana Brand awareness memiliki peran penting untuk membantu membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Adapun penelitian bertujuan untuk mengukur tingkatan arti merek dimana di dalamnya terdapat Brand Recall, Brand Recognition, Top Of Mind Awarness, Brand Dominance adapun Objek Penelitian ini adalah penyedia Jasa Layanan Ojek Online yang beroperasi di wilayah Kota Samarinda. Diantara penyedian jasa layanan ojek online yang beroperasi di Samarinda yaitu Gojek, Grab, Maxim, Shopee, Kurir-Kuriran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian descriptive kualitatif dengan pengambilan data melalui kuisioner yang akan diberi kepada responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu responden pengguna jasa layanan ojek online.

Berdasarkan hasil penelitian dengan variabel Brand Awarness, Brand Recognition, Top Of Mind awareness  dan  Brand Dominance didapat hasil bahwa Layanan Ojek Online Gojek lebih melekat di benak konsumen termasuk di dalamnya fitur layanan, dan promosi, sedangkan untuk kategori harga layanan ojek online Maxim memiliki peringkat no satu(1).

References

Aaker, A. David, 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum MitraUtama
Aaker, D. (1991). Managing \Brand Equity: Capitalizing on the Value of BrandName. New York: The Free Press
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler,Philip 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip & Gary Amstrong. (2011). Principle Of Marketing. New Jersey:
Prentice Hall
Rossiter, J.R., dan Percy, L., (1991), “Emotions and Motivations in Advertising”,Advances in Consumer Research, Vol. 18, Issue 1

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Reonald, N., & Muhammad, H. (2022). ANALISIS TINGKATAN BRAND AWARNESS PADA PENYEDIA JASA LAYANAN OJEK ONLINE STUDI KASUS KOTA SAMARINDA. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(2), 208–221. https://doi.org/10.24903/je.v11i2.1534

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)