ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN ERAMART DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ricky Dian Purnama Universitas Mulawarman
  • Annisa Wahyuni Arsyad

Keywords:

komunikasi, pemasaran, teori AIDA, eramart, pelanggan, masa pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi pemasaran Eramart dalam upaya mempertahankan pelanggan di masa pandemi Covid-19. Teori komunikasi bauran promosi didukung dengan konsep AIDA (Attention, Intrest, Desire, Action) yang membantu Eramart Stores dalam mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dengan cara menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan membangkitkan tindakan. Jenis data yang digunakan berdasarkan observasi dan wawancara dengan key informan dan informan, data sekunder melalui sumber dokumen, e-journal, buku, artikel dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman.

References

Duncan, Tom. 2002. Prinsip Periklanan & IMC. Edisi kedua. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Dwiastuti, Rini. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya Press. Firmansyah, M. 2020. Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Miles, M. B, Huberman, A. M, dan Saldana, J. 2014. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong. 2010. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Purnama, R. D., & Annisa Wahyuni Arsyad. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN ERAMART DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 1–9. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2476

Issue

Section

Articles