GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENDUKUNG PERILAKU ORGANISASI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Arnes Novita Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fezi Waldeseska Aulia Fezi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurul Hikmah Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nur Fitriana Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1143

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Perilaku Organisasi, UMKM, dan Pandemi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dalam mendukung perilaku organisasi yang ada pada masa pandemi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan  melakukan wawancara dengan pihak atasan dan karyawan, dengan pertanyaan-pertanyaan terkait perilaku organisasi pada masa pandemi saat ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan  yang diberlakukan pada Usaha  Kecil Mikro Menengah (UMKM)  yaitu menerapkan protokol kesehatan yang  ditetapkan dan bekerja dari rumah untuk karyawan (work from home).Selain work from home pihak atasan tidak mengizinkan untuk melakukan pertemuan langsung atau kontak fisik langsung guna menekan tingkat angka pertumbuhan virus corona-19.

 

References

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.
Lalitadevi, L., Gunawan, J., & Nareswari, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dari Perspektif Pemilik UMKM terhadap Turnover Karyawan. Jurnal Sains dan Seni ITS, 8(2), D305-D309.
Nur Fikriyah, F. (2018). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ORANGTUA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KARAKTER (Studi Pada Orangtua siswa PAUD ALPHABET Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
O. Mungkasa, 2021.Bekerja dari Rumah ( Working From Home / WFH ): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19 Bekerja dari Rumah ( Working From Home / WFH ): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19,” Indones. J. Dev. Plan., vol. IV, no. 2, pp. 126–150.
Prayitno, D. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT MADUBARU PG PS MADUKISMO (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Putri, S. R. D. (2021). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PERSEDIAAN SPARE PART (Studi pada AHASS Setio Motor) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
Ramadan, Wahyu. Firmansyah Yayan. 2021. Gaya Kepemimpinan Era Covid-19: Transaksional dan Transformasional Serta Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Work From Home (Studi Pada Karyawan WFH di Bandung). Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS).

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Novita Sari, A., Fezi, F. W. A., Hikmah Putri, N., & Fitriana, N. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENDUKUNG PERILAKU ORGANISASI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.24903/je.v11i1.1143

Issue

Section

Articles