PENGARUH PENJUALAN ONLINE PRODUK INDUSTRI RAJUT XX TERHADAP KUANTITAS PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Fatonatul Khasanah
  • Widwi Handari Adji Politeknik Piksi Ganesha Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1241

Keywords:

Penjulan Online, Kuantitas Penjualan

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penjualan online terhadap kuantitas penjualan di masa pandemi Covid-19. Dengan metode penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Kuesioner ditujukan kepada 72 responden yang dipilih secara acak dari populasi 263 orang, yang kemudian data diolah menggunakan SPSS Ver.25.  Dalam uji validitas hasilnya VALID, uji reliabilitas menghasilkan RELIABEL dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,962 > 0,60. Berdasarkan analisis koefisien determinasi pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 67% dan 33% berasal dari variabel yang tidak tercantum dalam penelitian. Banyak konsumen yang belum tahu toko online tersebut. Saran untuk industri rajut XX untuk mulai beriklan di media sosial agar toko online dan produk lebih banyak dikenal calon pembeli.

References

Hayati, D. (2017). Pengaruh bauran promosi terhadap omzet penjualan produk kerajinan purun di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi Dan …, 10(1), 119. https://journal.stienas-ypb.ac.id/index.php/jdeb/article/download/15/12
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Book Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Menyusun_Instrumen_Penelitian_Uji_Validi/0dAeEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=uji+validitas&printsec=frontcover
Jaya, I. M. L. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. ANAK HEBAT INDONESIA. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit/yz8KEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+kuantitatif&printsec=frontcover
M. Askari Zakariah, V. A. (2021a). ANALISIS DENGAN SPSS UNTUK PENELITIAN KUANTITATIF. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahma. https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_STATISTIK_DENGAN_SPSS_UNTUK_PEN/4Vs3EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+populasi&printsec=frontcover
M. Askari Zakariah, V. A. (2021b). ANALISIS DENGAN SPSS UNTUK PENELITIAN KUANTITATIF. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahma. https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_STATISTIK_DENGAN_SPSS_UNTUK_PEN/4Vs3EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+populasi&printsec=frontcover
Mohammad Aldrin Akbar, S. N. A. (2020). E-COMMERCE Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_COMMERCE_Dasar_Teori_Dalam_Bisnis_Digi/sXf2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=e-commerce+adalah&printsec=frontcover
Mubarok, I. (2019). Apa Itu Marketplace? Pengertian, Jenis, dan Contohnya. Niagahoster.Co.Id. https://www.niagahoster.co.id/blog/marketplace-adalah/
Natalia, M. (2020). Penjualan Online Naik 480% selama Pandemi Covid-19. Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2020/10/05/455/2288689/penjualan-online-naik-480-selama-pandemi-covid-19
Ovan, A. S. (2020a). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/CAMI_Aplikasi_Uji_Validitas_dan_Reliabil/mZgMEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=uji+validitas+adalah&printsec=frontcover
Ovan, A. S. (2020b). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/CAMI_Aplikasi_Uji_Validitas_dan_Reliabil/mZgMEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=uji+validitas+adalah&printsec=frontcover
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Romindo, Muttaqin, Didin Hadi Saputra, Deddy Wahyudin Purba, M. Iswahyudi, Astri Rumondang Banjarnahor, Aditya Halim Perdana Kusuma, Faried Effendy, Oris Krianto Sulaiman, J. S. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Implementasi_Strategi_dan_Ino/PirGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=e-commerce+adalah&printsec=frontcover
SUYONO. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. DEEPUBLISH. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Regresi_untuk_Penelitian/3vlRDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=analisis+regresi+linear+berganda&printsec=frontcover
Yamti, Eni Kurniawati, A. N. A. (2020). Dari Mahasiswa untuk Indonesia: Kewirausahaan dan Inovasi di Era Digital (A. N. Husna (ed.)). UNIMMA PRESS. https://www.google.co.id/books/edition/Dari_Mahasiswa_untuk_Indonesia_Kewirausa/KRL2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=andrianie&pg=PA75&printsec=frontcover
Yanuarti, E. (2014). PENGARUH EVALUASI DIRI DAN PENGEMBANGAN PROFESI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU di Kabupaten Sukabumi, Bandung Barat dan Majalengka. 94. http://repository.upi.edu/8683/4/t_adp_0707204_chapter3.pdf

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Khasanah, F., & Handari Adji, W. (2021). PENGARUH PENJUALAN ONLINE PRODUK INDUSTRI RAJUT XX TERHADAP KUANTITAS PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 10(2), 458–469. https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1241

Issue

Section

Articles