STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK ERSTOR3PRT MELALUI INSTAGRAM STORIES

Authors

  • Faridah Universitas Mulawarman
  • Kheyene Molekandella Boer

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Promosi, Strategi, Cerita Instagram

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara Erstor3prt dalam mempromosikan produk dan teknik strategi pemasaran yang digunakan dalam penggunaan fitur Instagram Stories guna memberikan informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai. Fokus penelitian terdiri dari Mengenal khalayak, menentukan tujuan, menetapkan metode dan memilih media yang digunakan, serta menyusun pesan. Informannya yaitu pemilik Erstor3prt dan pelanggan Erstor3prt di Kota Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan yiatu komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dalam Sugiyono.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi dalam mempromosikan produk Erstor3prt melalui Instagram Stories dari indikator mengenal khalayak yang banyak mengetahui Erstor3prt dari rekomendasi teman. Erstor3prt menentukan tujuan dengan menjual produk berkualitas dan murah, terbukti, serta pembelian berulang oleh konsumen dari informasi yang disampaikan. Menetapkan metode untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan memilih media Instagram, dipilih karena sebagai aplikasi yang mudah digunakan oleh banyak orang sebagai tempat belanja dan Erstor3prt menyusun pesan komunikasi dengan cara menulis caption dengan singkat, padat dan jelas. Metode strategi komunikasi Erstor3prt menerapkan redudancy yaitu postingan di Instagram Stories yang berulang dalam mempromosikan produknya setiap hari, metode canalizing mengkaji, memahami dan mengetahui keinginan pengikut dan pelanggannya melalui fitur polling dan question, informatif dengan menyampaikan informasi mengenai produk melalui isi pesan dari caption iklan produk, persuasif untuk mempengaruhi audience dengan menggunakan caption dan kata-kata yang dikirim oleh pemilik untuk menarik pengikut dan pelanggan, edukatif yang memberikan informasi tentang produk, fungsi dan cara penggunaan produk yang dipromosikan, dan metode koersif lebih menarik viewer dengan caption kata diskon dan stok terbatas.

References

Penelitian dalam jurnal ini dilakukan karena penulis ingin mengetahui apakah Strategi Komunikasi menurut Anwar (2010), pesan yang disampaikan kepada sasaran (public) menjadi efektif dengan langkah strategi komunikasi seperti: Mengenal khalayak, menentukan tujuan, menetapkan metode dan memilih media yang digunakan, dan menyusun pesan masih bisa efektif dilakukan pada marketing online shop saat ini.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Faridah, & Kheyene Molekandella Boer. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK ERSTOR3PRT MELALUI INSTAGRAM STORIES. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 264–275. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2411

Issue

Section

Articles