STRATEGI EFEKTIF DALAM MANAJEMEN OPERASI INTERNASIONAL : MENGOPTIMALKAN KINERJA GLOBAL
Keywords:
Kata kunci: Manajemen Operasi Internasional, Kinerja Global, Keunggulan KompetitifAbstract
Artikel ini menjelaskan strategi manajemen operasi internasional untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara internasional dan cara perusahaan dapat menghadapi dan mengelola tantangan dalam operasi internasional untuk mencapai efisiensi, keberlanjutan, dan keunggulan kompetitif di pasar internasional. Melalui analisis ini perusahaan dapat mengelola manajemen operasi mereka di pasar internasional berdasarkan faktor-faktor diversifikasi risiko, integrasi rantai pasokan internasional, dan regionalisme. Ini adalah kombinasi strategi yang memenuhi permintaan pasar dan tren pasar internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan menelaah literatur-literatur yang berkaitan. Manajemen operasional adalah studi tentang proses yang terlibat dalam menciptakan dan mengirimkan produk dan jasa. Manajer operasi harus memahami cara mengelola kegiatan operasional secara
efisien dalam perusahaannya.
References
Anatan, L. (2010). Pengaruh Implementasi Praktik-Praktik Manajemen Rantai Pasokan terhadap Kinerja Rantai Pasok dan Keunggulan Kompetitif Effect of Supply Chain Management Practices on Supply Chain Performance and Competitive Advantage. 106 Karisma, 4(2), 106–117.
Ariani, D. (2017). Manajemen dan Strategi Operasi. Manajemen Operasi, 1–59. http://lingkarlsm.com/manajemen-operasional-dan-strategi-operasional/
Erduandi, & Sarifuddin. (2023). Manajemen Operasional Maintenance dan Repair Depo Peti Kemas Kosong: Studi Kasus Pada PT. Intercon Terminal Indonesia. Journal of Management, Entrepreneur and Cooperative, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.56869/jmec.v2i1.433
Faiq, S. S., Rizal, M., & Tahir, R. (2021). Analisis Manajemen Operasional (Studi Kasus Pada PT. Unilever Indonesia Tbk.). Jurnal Manajemen, 11(2), 135–143. http://jurnalfe.ustjogja.ac.id
Isfianadewi, D. (2021). Manajemen Operasi Dari Perspektif Internasional. Universitas Islam Indonesia.
Kuncoro, M. (2008). S t r a t e g i I n t e r n a s i o n a l. Manajemen Strategi.
Pranyoto, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2016). Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Risiko Dan Kinerja Perusahaan Real Estate Di Indonesia. VIII, 19–30.
SobarsaKosasih. (2009). Manajemen Operasi Internasional. (Jakarta: Mitra Wacana Media, 11825051, 80.
Suprapto, Y., Melvin, Richmond, & Wilyanto, A. (2023). Analisis Strategi dan Risiko dalam Ekspansi Bisnis Internasional Pada A&W. SEIKO : Journal of Management and Business, 6(1), 434–441. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.547
Wulan Bhayangkari, S. K. (2012). Penerapan Standardisasi Dan Adaptasi Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Produk Pada Pemasaran Internasional. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 1(3), 245–258. https://doi.org/10.22437/jmk.v1i3.1842
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinda Rahmayani Purba, Hendra Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.