ANALISIS GAMBARAN BISNIS INTERNASIONAL : STRATEGI ADAPTASI ETIKA BISNIS DI PASAR GLOBAL

Authors

  • Yulia Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Hendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Kata Kunci: Adaptasi Etika Bisnis, Pasar Global, Budaya dan Bisnis Internasional, Strategi Bisnis Multinasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi adaptasi etika bisnis yang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan internasional dalam menghadapi kompleksitas pasar global yang beragam. Melalui pendekatan kualitatif, studi ini menganalisis strategi adaptasi yang digunakan perusahaan-perusahaan ini untuk mempertahankan nilai-nilai etika bisnis inti sambil menyesuaikan diri dengan perbedaan budaya, regulasi, dan tuntutan pasar di lingkungan bisnis global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan internasional menerapkan sejumlah strategi adaptasi etika bisnis untuk menghadapi kompleksitas dan keberagaman dalam pasar global. Strategi tersebut melibatkan pengembangan kebijakan etika yang fleksibel, pelatihan karyawan terkait keberagaman budaya, kolaborasi dengan pihak lokal, serta penyesuaian kebijakan internal agar sesuai dengan berbagai nilai bisnis yang ada. Temuan ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana perusahaan-perusahaan menghadapi tantangan etika bisnis dalam lingkungan pasar global yang heterogen. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pengembangan strategi yang lebih efektif bagi perusahaan-perusahaan internasional untuk mempertahankan integritas etika bisnis mereka di pasar-pasar global yang heterogen. Adaptasi etika bisnis menjadi faktor kunci dalam membangun hubungan yang berkelanjutan dan memenangkan kepercayaan pemangku kepentingan global di era yang terus berubah.

References

Ruggie, J. G. (2007). Business and Human Rights: The Evolving International Agenda. Journal of Human Rights, 6(1), 23-52. DOI: 10.1080/14754830601142598

Prahalad, C. K., & Hamel, G. (1990). The Core Competence of the Corporation. Harvard Business Review, 68(3), 79-91.

Friedman, M. (1970). The Social Responsibility of Business is to Increase its Profits. The New York Times Magazine, September 13.

Hofstede, G., Hofstede, G. J., & Minkov, M. (2010). Cultures and Organizations: Software of the Mind (Revised and Expanded 3rd ed.). New York, NY: McGraw-Hill Education.

Keraf, S., & Imam, R. H. (1998). Etika bisnis. Yogyakarta: Kanisius.

Muslim, M. (2017). Urgensi Etika Bisnis di Era Global. Esensi, 20(2), 148-158.

Suni, M., & Badollahi, M. Z. (2020). Strategi Diversifikasi Atraksi Budaya Dalam Mendukung Pengembangan Wisata Desa Wakatobi. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 25-33.

Hermawan, P. (2021). STRATEGI ADAPTASI BISNIS PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada BNI Syariah KCP Pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 116-124.

Hermawan, P. (2021). STRATEGI ADAPTASI BISNIS PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada BNI Syariah KCP Pati). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(1), 116-124.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Anggraini, Y., & Hendra, H. (2023). ANALISIS GAMBARAN BISNIS INTERNASIONAL : STRATEGI ADAPTASI ETIKA BISNIS DI PASAR GLOBAL . Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 69–75. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2684

Issue

Section

Articles