ANALISIS MANAJEMEN OPERASIONAL PERUSAHAAN MULTINASIONAL (PT. OPTO LUMBUNG SEJAHTERA / SCARLETT)
Keywords:
Kata Kunci : Memasok Rantai manajemen, Manajemen operasional,FMCG, Multinasional PerusahaanAbstract
Karena perkembangan teknologi dan munculnya ide-ide baru, manajemen operasi, sebagai fungsi utama dalam sebuah perusahaan, dan sberkembang pesat. Fenomena ini tidak hanya digunakan dalam dunia bisnis, namun banyak perusahaan yang menganggapnya sebagai instrumen strategis dalam persaingan pasar. Kekuatan manajemen operasional untuk menciptakan inovasi dan perubahan positif menjadikannya sangat penting. Perusahaan harus menghasilkan produk atau layanan berkualitas tinggi sebagai respons terhadap perubahan zaman dan kemajuan industri, serta mempertimbangkan dampak lingkungan dari operasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen operasional pada PT. Opto Lumbung Sejahtera / Scarlett, jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa PT. Opto Lumbung Sejahtera / Scarlett sudah menjalankan manajemen operasional dengan baik dengan menggunakan strategi yang kompetitif pada tujuan perusahaan mereka.
References
Amalia, A. N. (2016). Penerapan Strategi Manajemen PT Unilever Indonesia Sebagai Role Model Company. Diakses melalui https://www.academia.edu/34651162/PENERAPAN_STRATEGI_MANAJEMEN_PT_UNILEVER_INDONESIA_SEBAGAI_ROLE_MODEL_COMPANY.
Anwar, S.N. (2011). Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Manajemen) : Konsep Hakikat. Jurnal Dinamika Informatika. Vol 3 No 2. Di kases Melalui https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/1315.
Faiq, Sulthan Shaummil, Rizal Muhamad, dan Tahir Rusdin. “Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Multinasional.” Jurnal Manajemen 11, no. 2 (2021): 135–43.
Hakimi, S. A. M. (2019). Quality Management Techniques. Diakses melalui https://www.academia.edu/19919053/Tqm_unilever
Hutahaean, C. L. (2013). Supply Chain Management Practices in PT. Unilever Indonesia. Diakses melalui https://www.academia.edu/7192763/Supply_Chain_Management_Practices_in_PT_Unilever_Indonesia
Jerry Maytanius, Leonardo, Haris Wahyudi, Kelvin, Ricky Lim, Benny. “Analisis Manajemen Operasional Perusahaan Astra International.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4, no. 2 (2023): 1553–57.
Keweh, D. (2016). Makalah Manajemen Operasi Internasional - Analisis Perusahaan (PT. Unilever). Diakses melalui https://www.academia.edu/11745146/Makalah_Manajemen_Operasi_Internasional_Analisis_Perusahaan_PT_Unilever_
Lavari, H. (2016). Strategi Bisnis PT. Unilever Dalam Persaingan Produk Kosmetik di Indonesia Tahun 2010-2015. JOM FISIP, Vol 3, No. 2. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/134977-ID-strategi-bisnis-pt-unilever-dalampersai.pdf
Mubarok, M. H. (2014). Strategi Pertumbuhan Unilever Indonesia Dalam Mewujudkan Nilai Berkelanjutan. Bisnis, Vol 2, No. 1. Diakses melalui file:///C:/Users/user/Downloads/5252-16348- 1-SM.pdf
Rusdiana, H. A. (2019). Manajemen Operasi. Bandung : CV Pustaka Setia. Sisca, Julyanthry, Ervina, N., Wijaya, A., & Marthin Hutler Ambarita. (2020). Manajemen Operasional. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.
Sukmawati, A., & Windarti. (2011). Faktor -Faktor Kunci Kesuksesan Implementasi Manajemen Pengetahuan pada PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, Vol 2, No. 1. Diakses melalui https://node1.123dok.com/dt03pdf/123dok/002/824/2824363.pdf.
T, A. M., & Purwoko, B. (2016). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/253525-studikepustakaan-mengenai-landasan-teor-c084d5fa.pdf.
Yakin, D. A., & Wiguna, N. (2019). Penerapan Strategi Manajemen Rantai Pasok PT Unilever Indonesia, Tbk. Diakses melalui file:///C:/Users/user/Downloads/pdfcoffee.com_dewi-annisa-yakinnagatawigunascmwm-80project-paper-final-pdf-free.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fahmi Habib, Hendra Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.