PERANAN ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL

Authors

  • Tuti Tria Ulin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Hendra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Kata Kunci: Bisnis Internasional, Etika Bisnis, Tanggungjawab Sosial

Abstract

Bisnis internasional terjadi karena ketidakmampuan suatu negara untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhannya sendiri, yang pada akhirnya menimbulkan keinginan untuk menjalin hubungan kerjasama antara negara tersebut dengan negara lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran modal sosial dan kecerdasan emosional dalam bisnis internasional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang mendeskripsikan dan memperjelas peran modal sosial dan kecerdasan emosional dalam bisnis internasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian Merupakan penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan artikel penelitian dari jurnal akademik dan publikasi lain yang patut dijadikan bahan penelitian. Menurut temuan penelitian, media sosial dan etika bisnis memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan reputasi organisasi dan memperluas bisnisnya. Satu bisnis tidak bisa sukses.

References

Cateora, P.R., & Graham, J.L. (2005). International Marketing. McGraw-Hill Education.

Czinkota, M.R., & Ronkainen, I.A. (2007). International Marketing. Cengage Learning.

Griffin, R.W., & Pustay, M.W. (2010). International Business: A Managerial Perspective. Pearson.

Ferrell, O., & Fraedrich, J. (2019). Business Ethics: Ethical Decision Making & Cases. Cengage Learning.

Crane, A., & Matten, D. (2016). Business ethics: Managing corporate citizenship and sustainability in the age of globalization. Oxford University Press.

Fritzsche, D. J. (2016). Business Ethics: A Global and Managerial Perspective. McGraw Hill.

European Commission (EC) (2011). A renewed EU strategy 2011-14 for corporate social responsibility. Komisi Eropa.

Chandler, D., & Werther, W. Jr. (2006). Strategic corporate social responsibility: Stakeholders, globalization, and sustainable value creation. Sage Publications.

Carroll, A. B. (1991). The pyramid of corporate social responsibility: Toward the moral management of organizational stakeholders. Business Horizons, 34(4), 39-48.

Smith, R. E. (1990). Components of social responsibility in business. Journal of Business Ethics, 9(1), 69-75.

Baker, M. (2006). Corporate social responsibility: What does it mean? The CSR Company. Budhi Wilardjo, Setia. 2011. Menjalankan Bisnis Secara Etis Dan Bertanggung Jawab. Jurnal Unimus Vol 7, No 2.

Durin, Ramzi. 2020. Arti Penting Menjalankan Etika Dalam Bisnis. Jurnal Valuta Vol. 6, No 1.

Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility: Antara Teori Dan Kenyataan. Jakarta: Media Persindo.

Satria Pratama, Panji. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Boyolali Dalam Program Corporate Social Responsibility PT. SIDOMUNCUL. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Ulin, T. T., & Hendra, H. (2024). PERANAN ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM BISNIS INTERNASIONAL. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 93–99. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2695

Issue

Section

Articles