LINGKUNGAN BUDAYA, POLITIK DAN HUKUM GLOBAL: MENUNJANG KEBERHASILAN PERUSAHAAN DALAM MEMASARKAN PRODUK KELUAR NEGERI

Authors

  • Rita Dwi Lestari Hulu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suhairi Suhairi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Resa Shin Tia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ria Anjriani Syahputri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

dan Pengembangan Karir Karyawan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mengenai tantangan unik yang dihadapi oleh perusahaan yang ingin menjual barang ke luar negeri, dengan fokus pada perbedaan konteks hukum, budaya, dan politik di berbagai wilayah. Tujuan lainnya adalah menganalisis pengaruh kebiasaan lokal yang dipengaruhi oleh budaya terhadap strategi bisnis internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu metode yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati, selain itu juga dilakukan kajian pustaka, dimana semua informasi dan data diperoleh dalam pembahasan materi ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mendalam terhadap lanskap politik, hukum, dan budaya di setiap negara krusial untuk keberhasilan bisnis internasional. Tantangan seperti perbedaan kebiasaan lokal yang dipengaruhi oleh budaya serta kerangka hukum yang bervariasi antar negara memerlukan adaptasi strategi bisnis yang cermat. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam bagi para pengusaha untuk mengembangkan pendekatan yang lebih kontekstual dan berhasil dalam berbisnis di pasar global.

References

Abdul-Talib, Asmat Nizam, Siti Norhasmaedayu Mohd Zamani, and Ili Salsabila Abd Razak. 2023. “The Relationship Between Export Market Orientation and Firm Performance: A Meta-Analysis of Main and Moderator Effects.” Gadjah Mada International Journal of Business 25, no. 1: 28–49. https://doi.org/10.22146/gamaijb.65565.

Bakry, Umar Suryadi. 2017. “Faktor Kebudayaan Dalam Teori Hubungan Internasional.” Verity: Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional 9, no. 17: 1. https://www.researchgate.net/profile/Shafa-Petra/publication/371874996_Konstruktivisme_Dalam_Hubungan_Internasional_Analisis_Kebijakan_Pembatalan_Piala_Dunia_U-20_Di_Indonesia/links/649aa3afc41fb852dd355722/Konstruktivisme-Dalam-Hubungan-Internasional-Ana.

Damayanti Nasution, Amanda, Helva Diansyah Putri Simamora, Miftahul Husna Hutapea, Muhammad Anshari Hutasuhut, and Fakultas Ekonomi Bisnis Dan Islam. 2022. “Peranan Lingkungan Budaya Dan Sosial Terhadap Pemasaran Global.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 2: 3926–34.

Gultom, Pardomuan. 2022. “Hukum Lingkungan - Resume Buku Prof . Mohammad Askin Mata Kuliah Hukum Lingkungan , Magister Ilmu Hukum Universitas Nasional ( Unas ) Jakarta Dosen Pengampu : DR . Chandra Tirta , S . H ., M . H . Resume Buku Seluk-Beluk Hukum Lingkungan , Edisi Ke-2 Penu,” no. April.

In, Performance, P T Berlian, and Kharisma Pasifik. 1957. “The Tellurometer.” Australian Surveyor 16, no. 7 (September): 429–47. https://doi.org/10.1080/00050326.1957.10437402.

Kotler, P. and G. Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kurniawan, Andre, Marsel Agustian Sembiring, Mikhael Joshua Nababan, and Muhammad Jordan Edison. 2023. “MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur Penegakan Hukum Lingkungan Di Indonesia” 1, no. 2: 398–403.

M. Anang Firmansyah, Didin Fatihudin. 2017. GLOBALISASI PEMASARAN (MARKETING GLOBALIZATION). Pertama. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Maulidyna, Shafira Arizka. 2022. “Politik Hukum Lingkungan Dalam Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan Di Indonesia.” Jurnal Simbur Cahaya 29, no. 2: 265–92. https://doi.org/10.28946/sc.v29i2.1814.

Nisak, C L C. 2017. “Pengaruh Parabahasa Aceh Besar Terhadap Penafsiran Pesan.” Jurnal Komunikasi Global 6: 15–25. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/9178%0Ahttp://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/download/9178/11384.

Nita, D., Rambe, S., & Aslami, N. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.” El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1: 213–22. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.47467/Elmujtama.V1i2.853.

Pramesi, Pulina Nityakanti, Herdis Herdiansyah, and Siti Aminah. 2023. “Perspektif Politik Lingkungan Dalam Membangun Transportasi Publik Berkelanjutan.” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) 10, no. 1: 1. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v10i1.1055.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalan Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F dan G Chandra. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi.

Veranita, Mira, Rini Susilowati, and Ramayani Yusuf. 2021. “Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku).” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 17, no. 3: 279–90. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.279-290.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Hulu, R. D. L., Suhairi, S., Tia, R. S., & Syahputri, R. A. (2023). LINGKUNGAN BUDAYA, POLITIK DAN HUKUM GLOBAL: MENUNJANG KEBERHASILAN PERUSAHAAN DALAM MEMASARKAN PRODUK KELUAR NEGERI. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 13(1), 46–59. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2677

Issue

Section

Articles