PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1235Keywords:
kualitas pelayanan, service charge, kepuasan, kepercayaan, loyalitas principalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan, Service Charge, Kepuasan, dan Kepercayaan berpengaruh positif-signifikan terhadap Loyalitas Principal, dan untuk menganalisa, variabel manakah yang lebih dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo Cabang Samarinda.
Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda, dengan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22 . Alat analisis ini untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing variabel. Pengumpulan data menggunakan sumber data primer dengan instrument kuisoner tertutup dengaN skala Likert 54321(sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju). Populasi dalam penelitian ini adalah Principal Perum Jamkirndo Cabang Samarinda yang pernah menggunkan jasa Surety Bond. Metode pengumpulan sampel digunakan cara Simple Random Sampling dengan jumlah responden 92 Principal.
Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan berpengaruh dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo cabang samarinda, dengan hasil peneletian menunjukan bahwa variabel (X1) yaitu kualitas pelayanan diperoleh nilai Thitung 2.106, pada variabel (X2) service charge diperoleh nilai Thitung -0,196, pada variabel (X3) Kepuasan diperoleh nilai Thitung 7.459, sedangkan pada variabel (X4) diperoleh nilai Thitung 2.687, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan dengan Thitung sebesar 7.459 adalah variabel yang berpengaruh lebih dominan terhadap loyalitas principal Perum Jamkrindo Cabang Samarinda
References
Dwyer, F. Robert dan Tanner, John F. 2009. Business Marketing: Connecting Strategy, Relationship and Learning. Edisi internasional. Singapore: McGraw-Hill
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset
Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, P dan Keller L. 2012. ManajemenPemasaran, Jilid 2, Edisike– 13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip (2007), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid 1, Jakarta : PT Prenhallindo
Kotler, Philip, dan Armstrong, Garry, 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran,. Jakarta: Erlangga
Mayer, J. D. Salovey, P. Caruso, D. R. (2004). Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications. Psychological Inquiry. Vol. 15. No. 3. 197-215
Tse dan Wilton (1988). Kepuasan Pelanggan, jilid 2. Edisi ketiga. Klaten : PT. Indeks Kelompok Gramedia
Winardi. 2016.Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Zikmund, W.G., McLeod, R. & Gilbert, F.W. (2003). Customer Relationship Management. New York: Wiley & Sons