Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Impulse Buying Melalui Media ‎TikTok Shop ‎

Authors

  • Mardiono Mardiono Universitas Widya Gama Mahakam
  • Laheyanti Riyani
  • Cristianus Jerry Kusmiadi

Keywords:

impulse buying, promotion live streaming, tiktok shop

Abstract

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Impulse Buying Melalui Media TikTok Shop. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh display product (variabel X1), promotion live streaming (variabel X2) dan shopping lifestyle (variabel X3) terhadap perilaku impulse buying (variabel Y).

Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang berbelanja online menggunakan aplikasi TikTok Shop. Penentuan besarnya sampel (responden) mengacu kriteria sampel menurut Hair et. al dengan teknik Maximum Likelihood Estimation (MLE), yaitu sebanyak 125 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer melalui instrumen kuisioner.

Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu penelitian kausalitas yang menguji hipotesis mengenai hubungan kausalitas antara variabel pengaruh display product (variabel X1), promotion live streaming (variabel X2) dan shopping lifestyle (variabel X3) terhadap perilaku impulse buying (variabel Y). Metode analisisnya adalah Regression Linier Method (Regresi Linier Berganda).

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara simultan Display Product (X1), Promotion Live Streaming (X2) dan Shopping Life Style (X3) memengaruhi signifikan terhadap Impulse Buying (Y) di TikTok Shop. Secara parsial Display Product (X1) tidak memengaruhi dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying (Y) di TikTok Shop. Secara parsial Promotion Live Streaming (X2) memengaruhi dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y) di TikTok Shop. Secara parsial Shopping Life Style (X3) memengaruhi dan signifikan terhadap Impulse Buying (Y) di TikTok Shop

Author Biography

Mardiono Mardiono, Universitas Widya Gama Mahakam

References

Afif, Muhammad dan Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya ‎Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada ‎Konsumen Shopee Id. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis. STIE ‎Kertanegara Malang. Volume 2 Nomor 2‎

Chairunisa. (2022). Apa Itu Tiktok Shop? https://dailysocial.id/post/apa-itu-tiktok-‎shop#:~:text=Adapun%20salah%20satu%20keunggulan%20dan,dengan%20mudah%20untuk%20memperluas%20pasarnya. Diakses 13 Desember 2022‎

Faradiba, Besse dan Mustika Syarifuddin. (2021).Covid-19: Pengaruh Live Streaming ‎Video Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Buying Purchasing. ‎Economos : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 4, Nomor 1, April 2021.‎

Firdaus, Muhammad. (2019). Ekonometrika; Suatu Pendekatan Aplikatif. Edisi 3. ‎Jakarta. PT. Bumi Aksara

Fitryani, Aditya Surya Nanda, dan Erwan Aristyanto (2021). Peran Impulsive Buying ‎Saat Live streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce ‎Shopee). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, ‎Volume 6, No. 2, 2021 (542-555).‎

Fransiska, Vinia dan Sinta Paramita (2020). Live Shopping dalam Industri Komunikasi ‎Digital melalui Instagram. Prologia, Vol. 4, No. 1, Maret 2020, Hal 67–74.‎

Hair, et. al. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York

Hawkins, Del I dkk. 2007. Consumer Behavior. New York: The McGraw-Hill ‎Companies, Inc

Mahdi, M Ivan (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. ‎https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-‎‎191-juta-pada-2022. Diakses 02 des Desember 2022.‎

Merritt, Kamarin and Shichao Zhao (2022). The Power of Live Stream Commerce: A ‎Case Study of How Live Stream Commerce Can Be Utilised in the Traditional ‎British Retailing Sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and ‎Complexity, 2022, Volume 8, No. 71.‎

Muthiah, Ismah, Dian A.S Parawansa, dan Abdul Razak Munir (2018). Pengaruh Visual ‎Merchandising, Display product, Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku ‎Impluse Buying (Studi Kasus : Konsumen Matahari Department Store Di Kota ‎Makassar). HJABE. Vol. 1 No. 2 April 2018.‎

Prajana, Adya Mulya, Aisyi Syafikarani, dan Nisa Eka Nastiti (2021). Pemanfaatan ‎Video Streaming Sebagai Media Pemasaran pada Fitur Shopee Live. TANRA: ‎Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri ‎Makassar. Volume 8 Nomor 2 Agustus 2021.‎

Prastia, Fita Eka. 2013. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic ‎Shopping Value terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan. Jurnal Ilmiah ‎Mahasiswa Manajemen Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Volume 2 ‎Nomor 4 ‎

Riyanto, Andi Dwi (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022 ‎https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022. Diakses ‎‎03 Januari 2023.‎

Rizal (2022) Survei: Kini Masyarakat Paling Doyan Belanja Lewat TikTok Shop ‎https://infokomputer.grid.id/read/123490700/survei-kini-masyarakat-paling-doyan-‎belanja-lewat-tiktok-shop. Diakses 06 Januari 2023.‎

Rizaty, Monavia Ayu (2022). Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia ‎https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-‎di-dunia. Diakses 03 Januari 2023.‎

Sari, Dewi Permata, A. Widad, & Dian Eka. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang ‎Mempengaruhi Pembelian Impulsif Pada Konsumen Butik 79 Di Palembang ‎Trade Center Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan Tahun XI ‎No 2, Oktober 2014‎

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed ‎Methods). Cetakan Ke-6. Bandung: Alfabeta.‎

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit ‎Andi. Yogyakarta

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi & Implementasi Operasional Bisnis ‎Ritel Modern di Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Salemba.‎

Zayusman, Fani dan Whyosi Septrizola (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan ‎Shopping lifestyle Terhadap Impluse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota ‎Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha | 360 Volume 01 Nomor 01 ‎‎2019.‎

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Mardiono, M., Riyani, L., & Kusmiadi, C. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Impulse Buying Melalui Media ‎TikTok Shop ‎. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 175–191. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2311

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)