PENGARUH PROMOSI, LOKASI, KERAGAMAN PRODUK DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.24903/obor.v4i2.1652Keywords:
Promosi, Lokasi, Keragaman Produk, Suasana Toko, Keputusan PembelianAbstract
Achmad Soulthy Foultaqy Simbolon, 2022. Dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Dr. Suyanto, SE.,M.Si dan Dosen Pembimbing II Zulkifli SE., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel Promosi (X1), Lokasi (X2), Keragaman Produk (X3) dan Suasana Toko (X4) Terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Persamaan Y= a + b1 X1 + b2 X2 + b3 X3 +b4X4
Hasil dari penelitian ini bahwa variabel Promosi (X1), dan Suasana Toko (X4) secara parsial memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) Sedangkan Lokasi (X2) dan Keragaman Produk (X3) tidak memiliki pengaruh. Kemudian berdasarkan Uji F diperoleh hasil 49,776 > 2,471 artinya variabel Promosi (X1), Lokasi (X2), Keragaman Produk (X3) dan Suasana Toko (X4) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian diperoleh nilai R2 (R Square) memiliki sumbangan efektif sebesar 0,686 (68,6%) yang artinya 4 variabel pada penelitian ini yaitu Promsi (X1), Lokasi (X2), Keragaman Produk (X3) dan Susana Toko (X4) memiliki hubungan kuat sebesar 68,6% terhadap Keputusan Pembelian (Y).
References
Abbas, M. A. Y., & Firdaus, R. R. PENGARUH MINAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY OVO DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SAMARINDA
Alma B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2, Bandung
Aprianti, D. I. (2017). Pendampingan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah Tiara Dezzy. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(1), 1-71.
Aprianti, D. I. PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA KOSMETIK MAYBELLINE DI SAMARINDA.
Aprianti, D. I., & Reonald, N. IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY THE BODY SHOP INDONESIA SEBAGAI STRATEGI PASAR.
Aprianti, D. I., & Yulidar, M. A. Implementasi Analisa Jabatan Pada Tenaga Kependidikan Di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.
Botti, S. & Iyengar, S.S., 2006. The Dark Side of Choice: When Choice Impairs Social Welfare. Journal of Public Policy & Marketing.
Buntu, O. F. S., Abbas, M. A. Y., & Riyanto, A. PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP DIVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020.
Chairuddin, S., Riadi, S. S., & Hariyadi, S. S.(2015). Antecedent Work Engagement and Organizational Commitment to Increase the Outsourcing Employees Performance in Department of Cleanliness and Horticultural. European Journal of Business and Management, 7(14), 1-14.
Chandra, Rittik, 2011, Marketing Management, Kolkata: Rittik Publication.
Dachlan, R. S., & Reksa, R. R. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIANDAN PENGUPAHAN PADA KOPERASI TKBM KARYA KALTIM BONTANG.
Engel, James F, et.al., 1995, Consumen Behavior, Alih Bahasa: Budiyanto, Jilid 1 dan 2, Bina Rupa Aksara, Jakarta.
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., & Sutarmo, Y. (2020). The factors impact on prospective client to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 2200-2206.
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Aprianti, D. I., Reonald, N., & Mushofa, A. (2020). Marketing mix and customer satisfaction in its role toward customer loyalty through environmental accounting moderation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 996-1001.
Julian, Cummins. (2014), Sales Promotion, Jakarta: PPM.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., 2000. Marketing Management Millenium, Upper Saddle River, New Jersey: A Pearson Education Company.
Lemeshow, S., Hosmer, D.W., Klar, J & Lwanga, S.K. (1997), Besar sampel dalam penelitian kesehatan , Jogjakarta: Gajahmada University press.
Lyan, M. R., Yulidar, M. A., & Syafariansyah, R. ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA PT. METRODATA ELECTRONICS TBK.
Mardiono, M., & Safitri, O. A. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICE CHARGE, KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PRINCIPAL PERUM JAMKRINDO CABANG SAMARINDA.
Mursid. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rachim, R., & ZULKIFLI, Z. The Influence of Service Quality and Brand Image on Customer Satisfaction (Case Study at Bankaltimtara).
Rahmatiah, S. A., Abbas, M. A. Y., & Pardede, P. P. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PASER TAHUN 2020.
Reonald, N. (2016). Pengaruh reputasi perusahaan rental dan relationship value terhadap kepercayaan dan komitmen serta loyalitas perusahaan pengguna jasa persewaan kendaraan di provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomika, 5(2), 90-104.
Rohmah, S., Abbas, M. A. Y., & Hibatullah, M. F. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Setiawati, E., Syafariansyah, R., Furiawan, L., Setiani, K., & Nirwany, H. (2019). ANALISIS MULTIPLIER EFFECT PAJAK, INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Ekonomika.
Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Suyanto, S. S., Hariyadi, S., & Suharto, R. B. (2021). Factors Affecting Work Stress And Performance With Compensation Moderation In Working Load Relationships On The Performance Of Private Teachers In East Kalimantan. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(1), 2398-2411.
Suyanto, Y., & Rasyid, M. K. N. ANTESEDEN STRES KERJA PADA DOSEN SWASTA DI SAMARINDA.
Syafariansyah, R. (2016). ANALISIS REALISASI ANGGARAN BIAYA BAHAN BAKU PROYEK REHAB GEDUNG PLN TENGGARONG TAHUN 2015 PADA CV. RAJAWALI ADI PUTRA.
Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wahyuti, S., & Rini, E. S. U. ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PT. AGUNG PODOMORO LAND Tbk.
Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12
Zulkifli, Z. U. L. K. I. F. L. I., & Rachim, R. E. S. L. I. A. N. T. Y. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Pada Koperasi Di Kalimantan Timur Tahun 2017. Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah, 8(2), 12.
Zulkifli, Z., & Solot, M. G. (2019). Pengaruh Customer Offline dan Customer Online Terhadap Penjualan Pada Toko 3 Second Plaza Mulia Samarinda. J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, 7(1), 43.