FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PT BANK BTPN SYARIAH TBK TAHUN 2019 – 2021

Authors

  • Vemmy Mayditri Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Suyanto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sugiarto Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Harga Saham, Saham Syariah, Inflasi, Nilai Tukar, ROA, ROE, NOM, EPS, PT Bank BTPN Syariah, Bursa Efek Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikann pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Operating Margin (NOM), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham pada PT Bank BTPN Syariah Tbk terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis data didalam proses penelitian ini menggunakan data sekunder kuantitatif dimana data tersebut diperoleh dari laporan keuangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 1 perusahaan. Pada penelitian ini model analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan Inflasi dan Nilai Tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Operating Margin (NOM) tidak terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham pada PT Bank BTPN Syariah Tbk.

References

Brighalm, E.F., & Houston, J. F. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Sallembal Empalt, Jalkalrtal.

Dalrmaldji daln Falkhrudin. (2012). Pasar Modal di Indonesia Edisi 3. Sallembal Empalt, Jalkalrtal.

Falhrur Rifali, Nalnalng Algus Suyono. (2019). Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, Financing To Deposit Ratio, Dan Net Operating Margin Terhadap Profitabilitas Bank Syariah (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Yang Terdaftar di Otoritas Jasa keuangan Periode 2012-2018. Journall of Economic Business alnd Enginering , Vol. 1 No.1.

Halrsono, Budi. (2013). Efektif Bermain Saham. Kompals Gralmedial, Jalkalrtal.

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. PT. Gralmedial, Jalkalrtal.

Husnaln, Suald. (2010). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. UPP YKPN, Yogyalkalrtal.

Ihsaln, Dwi Nur’alini. (2013). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. UIN Jalkalrtal Press, Balnten.

Kalrim, Aldiwalrmaln Al. (2015). Ekonomi Makro Islam. Raljalwalli Pers, Jalkalrtal.

Kalsmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Raljalwalli Pers, Depok.

M. Halnalfi, Malmdud daln Hallim, Albdul. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Unit Medial Penerbit daln Percetalkaln Sekilalh Tinggi Ilmu Malnaljemen YKPN, Yogyalkalrtal.

Muhalmmald, Rifqi. (2010). Akuntansi Keuangan Syariah. P3EI, Yogyalkalrtal.

Ralmaldhalni, Alsri. (2018). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Universitals Medaln Alreal, Medaln.

Sifalni Permaltal Salri daln Al. Mulyo Halryalnto. (2017). Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Net Operating Margin, Financing To Deposit Ratio, Non Performing Financing Dan Pembiyaan Bagi Hasil Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia.

Soemitral, Alndri. (2017). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Kencalnal, Jalkalraltal.

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Allfalbetal, Balndung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Allfalbetal, Balndung.

Talndelilin, Edualrdus (2010). Portofolio dan Inestasi Teori dam Aplikasi. Edisi Pertama. Kalnisius, Yogyalkalrtal.

Tejalningtyals, S. R. (2017). Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Volume 2 No 2.

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Vemmy Mayditri, Suyanto, & Sugiarto. (2024). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PADA PT BANK BTPN SYARIAH TBK TAHUN 2019 – 2021. OBOR: Oikonomia Borneo, 5(2), 265–288. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/2210

Issue

Section

Articles