PENGARUH WOM (WORD OF MOUTH), GAYA HIDUP, KELENGKAPAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP INTENTION TO BUY KONSUMEN PADA YELLOWMART HOUSEWARES SAMARINDA

Authors

  • Fachrina Vianita Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Novel Reonald
  • Zulkifli Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

WOM, Gaya Hidup, Kelengkapan Produk, kualitas pelayanan, intention to buy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui WOM, Gaya Hidup, Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Intention To Buy Konsumen Pada Yellowmart Housewares Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dengan menggunakan teknik slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala Likert.data yang di peroleh dalam penelitian ini merupakan hasil penyebaran kuesioner, wawancara dan data administrasi perusahaan

Menggunakan program SPSS versi 23.WOM (X1) berpengaruh tidak signifikan terhadap niat untuk membeli konsumen peralatan rumah tangga yellowmart samarinda. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.134 dan nilai dari thitung = 1.899 < ttabel = 1.985 dengan ini bisa di simpulkan bahwa berpengaruh negatif. Gaya Hidup (X2) berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen peralatan rumah tangga yellowmart samarinda. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.505 dan nilai dari thitung = 5.746 > ttabel = 1.985 dengan ini bisa diartikan bahwa berpengaruh positif. Kelengkapan Produk (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap niat untuk membeli konsumen peralatan rumah tangga yellowmart samarinda. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.140 dan nilai dari thitung = 1.800 < ttabel = 1.985 dengan ini bisa di simpulkan bahwa berpengaruh negatif. Kualitas pelayanan (X4) berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen yellowmart housewares samarinda. Dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0.146 dan nilai dari thitung = 2.276 > ttabel = 1.985 dengan ini bisa bermakna bahwa berpengaruh positif

References

Anita Yuni Nyoman Luh Ni Dan Rahanatha Bayu Gede (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Wom Melalui Kepuasan Pada PT. Sarana Dewata Courier. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Bali Indonesia. Vol.4 No.8

Ariyanti Kurnia Dan Iriani Setyo Sri (2014). Pengaruh Persepsi Nilai Dan Persepsi Resiko Terhadap Niat Beli Kosmetik Organik. Jurnal Fakultas Universitas Negeri Surabaya. Vo.4 No.2

Budi Rahayu (2007). Manajemen Pemasaran Fakultas Pertenakan Universitas Udayana (1-19)

Farrinadewi Erna (2008). Merek & Psikologi Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran Graha Ilmu (40)

Fallo Elizabeth Priti Komang dan Suprapti Sri Wayan Ni (2019). Peran Citra Merek Dalam Memediasipengaruh Wom Terhadap Niat Beli Produk Nutrisi Merek Herbalife. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana Bali Indonesia. Vol.8 No.4

Fauzan (2019). Manajemen Pemasaran Syariah Penerbit Bildug (9-11)

Giantari Ketu Ayu Gustin, M.Si (2021). Niat Belanja Online Berbasis Pengalaman, Kepercayaan Dan Persepsi Kontrol Perilaku. Penerbit Media Sains Indonesia (17)

Gustina Heni (2018). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Market Masita. Skripsi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Mahira, Hadi Prasetyo Dan Nastiti Heni(2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Jurnal Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Akuntasi. Vol2,2021

Meithiana Indrasari (2019). Pemasaran dan Kepuasaan Pelanggan Cetakan Pertama hlm (2-61 )

Muriza Triana Denis (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, Promosi Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ramayana Padang. Skripsi Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (SKIP) PGRI Sumatra Barat Padang

Nasution Farhan Arif (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Ketetapan Harga Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Besi Bermula Padang Sidepuan. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan

Naufal Muhammad Dan Krisnanto Umbas (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Ulang Alat Transport Daring Di Jakarta. Jurnal Perbanas Institute.

Nugroho Tri Aditya Dan Rofianto Whoy (2021). Faktor Pembentukan Brand Love, Wom Dan Repurchase Intention Atas Produk Hedonis Telaah Pada Pelanggan Produk Gunpla Merek Bandai. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis LPMP IMPERIUM Vol.4 No.2

Pamungkas bagas Aji dan Siti Zuhroh (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan wom terhadap keputusan pembelian. Jurnal STIE PGRI Dewantara Jombang Vol.X No.2

Pertiwi Suci (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan. Vol.10 No.1

Pratama Jaya Bima (2021). Pengaruh Harga, Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Honda Beat Di Surabaya. Skrpsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Prabowo Indra Febri, Keke Yulianti, Istidjah Bambang (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT. Sarana Bandar Logistik. Jurnal Fakultas Manajemen Dan Bisnis Institut Transportasi Logistik Trisakti Jakarta Indonesia. Vol.15 No.2

Rahmawati, MaraditaFendy Dan Hartini (2021). Pengaruh Penerapan Green Marketing Dan Faktor Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu UHT Ultramilk. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa

Sunarka Setya Putri, Bakhtiar Rifki M Dan Kartika Erawati (2021) Pengaruh Wom, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembel. Jurnal Universitas AKI, Indonesia Vol.2 No. 1

Syaifulloh Muhammad Dan Iriani Setyo Sri (2013). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Interactive Marketing Terhadap Niat Beli Quaker Oats. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Vol.1 No.4

Ulfa Mailani Dan MaylizaRiri (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan PDAM Kota Padang. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.

Wahyuni Sri dan joesyiana Kiki (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau. Vol.2 No.1

Wahyuningtyas Asri Retno(2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Persepsi Kegunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Layanan Aplikasi Go-Jek Di Surabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Vol4 No.3

Widodo Tri (2016). Pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jjrnal STIE AMA Salatiga. Vol.9 No.17

Zainurossalamia Said (2020). Manajemen Pemasaran Cetakan Pertama (5)

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Vianita, F., Reonald, N., & Zulkifli. (2023). PENGARUH WOM (WORD OF MOUTH), GAYA HIDUP, KELENGKAPAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP INTENTION TO BUY KONSUMEN PADA YELLOWMART HOUSEWARES SAMARINDA. OBOR: Oikonomia Borneo, 5(1), 14–30. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/oikonomia/article/view/2203

Issue

Section

Articles