Main Article Content

Abstract

Kewirausahaan (entrepreneurship) ialah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Kesejahteraan atau nilai tambah dari masyarakat sebagai tujuan dari kewirausahaan itu, dilakukan melalui pengungkapan gagasan baru, penggalian sumber daya, dan merealisasikan gagasan itu menjadi suatu kenyataan yang menguntungkan.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat khususnya santri dan santriwati Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta Km. 10 Balikpapan Utara. Pelatihan dilaksanakan pada hari Kamis 13 Desember 2018 pukul 08.00 sampai selesai. Metode pelatihan yang digunakan melalui seminar young entrepreneurship, praktik langsung membuat inovasi produk kuliner (roti dan kue), dan praktik pengemasan dan pemasaran. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok membuat produk roti dan kue yang berbeda. Kelompok pertama praktik membuat roti manis, kelompok kedua praktik membuat muffin, kelompok ketiga membuat swiss roll.

Keywords

roti kue kuliner pelatihan wirausaha

Article Details

How to Cite
Gozali, G., Kusuma, B. J., Mahfud, M., Soeparlan, A. A., & Huda, M. (2019). Membangun Jiwa Entrepreunership Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Al Mujahidin Balikpapan. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(1), 18-23. https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.406

References

  1. Kasali, R. (2010). Modul Kewirausahaan. Indonesia, Yayasan Rumah Perubahan.
  2. Anas. F. (2012). Wirausaha Muda dan Kemajuan Ekonomi Bangsa. https://news.okezone.com/read/2012/08/13/58/676816/wirausaha-muda-dan-kemajuan-ekono mi-bangsa. Diakses online pada tanggal 13 Maret 2018.