Peningkatan Motivasi Kewirausahaan dan Kemandirian Melalui Pelatihan Segmentasi Pasar
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.541Keywords:
Kewirausahaan, Pelatihan, Segmentasi PasarAbstract
Persaingan yang semakin tinggi di era revolusi industry 4.0 menuntut mahasiswa untuk kreatif dan inovatif dalam mencari peluang untuk sukses. Menyikapi hal ini, Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda melalui Program Pengembangan Kewirusahaan yang didanai oleh Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia mengadakan serangkaian pelatihan untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kemandirian mahasiswa dan alumni di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Salah satu pelatihan yang dilakukan adalah Pelatihan dengan tema Pentingnya Segmentasi Pasar dalam Melakukan Usaha. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab kepada para mahasiswa / tenant yang telah lolos seleksi program PPK Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu 22 Juni 2019 pukul 09.00 sampai selesai. Melalui pelatihan ini, peserta/mahasiswa tenant PPK Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda mendapatkan pengetahuan mengenai mengapa penting untuk melakukan segmentasi pasar dan mempelajari bagaimana cara melakukan segmentasi pasar, penargetan target pasar, serta pemosisian usaha di antara para pesaing. Dengan menentukan segmentasi, targeting, dan positioning yang tepat tentunya para mahasiswa tenant PPK dapat meningkatkan kesigapan dalam menjalankan usaha yang berdampak pada peningkatan motivasi dan kemandirian mahasiswa tenant PPK dalam berwirausaha.
References
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani.
Fitriana, R., Nur, D. R., & Arbain, A. (2017). Pelatihan dan Simulasi IELTS bagi Mahasiswa dan Dosen di Lingkungan Fakultas Pendidikan dan Keguruan Program Studi Bahasa Inggris Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 1(2), 88–95.
Kotler, P. dan G. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan K. L. K. (2006). Marketing Management (12th ed.). New Jersey: Pearson.
Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenada Media Group.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.