Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Tas Rajut Palembang

Authors

  • Mariskha Z Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Esya Alhadi Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang
  • Purwati Purwati Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.408

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Harga Jual

Abstract

Menjadi seorang ibu rumah tangga saat ini selain sibuk dengan pekerjaan di dapur namun menjadi seorang ibu rumah tangga dapat ikut serta membantu perekonomian keluarga dengan cara yang berbeda. Ada yang bekerja dalam suatu perusahaan, menjadi pegawai, berwirausaha. Menjadi seorang pengrajin sudah dapat dikatakan berwirausaha apabila sudah dapat mencapai suatu keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Demikian juga dengan mitra yang telah membuat suatu usaha tas rajutan, kemudian mengajak teman-teman untuk ikut bekerja sama membantu menyelesaikan pekerjaan sesuai pesanan itu sudah cukup baik. Namun yang dirasakan mitra sampai saat ini masih belum mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan dikarenakan dalam menentukan harga jual masih melihat kondisi pemesan. Artinya jika pemesan  dari kelas menengah kebawah atau teman-teman yang sudah dianggap akrab, harga yang diberikan adalah harga modal. Namun jika yang memesan dari kalangan menengah ke atas, harga yang ditetapkan lebih mahal. Penentuan kalangan menengah ke bawah dan kalangan menengah ke atas tersebut adalah berdasarkan penglihatan yaitu dengan melihat kondisi secara kasat mata. Target yang kami harapkan dalam pengabdian kerjasama dosen dan mahasiswa ini adalah mitra dapat menentukan harga jual berdasarkan perhitungan harga pokok produksi sehingga usaha mitra akan menghasilkan keuntungan sesuai dengan biaya dan tenaga yang telah dikeluarkan.  Metode pelaksanaan yang akan dilakukan adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan membantu menghitung harga pokok produksi dalam menentukan harga jual.

References

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran(Edisi 13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. (Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Supriyono R.A. 2011. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. (Edisi Kedua). Yogyakarta: Erlangga.

Suryana. 2008. Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. (Cetakan Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Z, M., Alhadi, E., & Purwati, P. (2019). Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Tas Rajut Palembang. Jurnal Abdimas Mahakam, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.24903/jam.v3i1.408

Issue

Section

Articles