Bimbingan Teknis Sistem Akuntansi Online dengan Aplikasi Zahir Online Pada Perusahaan Jasa

Authors

  • Martinus Robert Hutauruk Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

UMK, ARC, Tata Letak Produksi

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu usaha bisnis yang pro rakyat, telah terbukti memiliki tingkat resistensi yang tinggi terhadap guncangan ekonomi dan COVID-19 serta terus mengalami perkembangan yang pesat hingga dewasa ini. UKM Hapsari Jaya adalah merupakan salah satu jenis UKM yang memfokuskan diri pada kegiatan produksi kue kering kacang (cookies) berbasis home industry dan semakin berkembang ke arah produksi mandiri. UKM ini melibatkan pula sejumlah besar tenaga kerja yang berasal dari masyarakat di sekitar lokasi usaha serta berbahan baku utama yang didapatkan dari petani kacang tanah di sekitar lokasi usaha. Pemberdayaan usaha dan ekonomi akan semakin berjalan dengan baik jika pengelolaan dilakukan secara profesional. UKM Hapsari Jaya memiliki lokasi usaha yang cukup strategis dengan dukungan dari sumber daya manusia, mesin dan peralatan penunjang yang memadai, namun di lain pihak belum menjalankan sistem tata letak yang lebih baik sehingga belum mampu dalam mengoptimalkan hasil usahanya. Tata letak pabrik yang terlihat masih sangat sederhana dan terkesan tidak menerapkan sistem yang memadai dan profesional. Sementara pasar produk telah menjangkau skala pulau Jawa dan Bali. Kondisi tersebut secara tidak langsung menjadi penghambat proses operasional produksi hingga pada penjualan.  Melalui pendampingan dan diskusi langsung di lapangan maka akan digunakan model diagram hubungan ARC (Activity Relationship Char) sebagai salah satu solusi penting dalam mengatasi persoalan tata letak dan arus produksi yang lebih optimal. Sehingga dengan demikian efisiensi dan efektivitas mampu dicapai dengan lebih optimal di masa depan sehingga mampu berdampak langsung terhadap hasil produksi dan penjualan UMK Hapsari Jaya.

References

Barbara, A. and Cahyana, A.S. (2021) ‘Production Facility Layout Design Using Activity Relationship Chart (ARC) And From To Chart (FTC) Methods’, Procedia of Engineering and Life Science, 1(2). Available at: https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1007.

Durmusoglu, Z.D.U. (2018) ‘A TOPSIS-based approach for sustainable layout design: activity relation chart evaluation’, Kybernetes, 47(10). Available at: https://doi.org/10.1108/K-02-2018-0056.

Hendri Setiawan and Atikha Sidhi Cahyana (2021) ‘Layout Planning For Production Facilities Using Line Balancing and ARC (Activity Relation Chart) Methods at UD. Agung Mulya’, Procedia of Engineering and Life Science, 1(2). Available at: https://doi.org/10.21070/pels.v1i2.1016.

Linauliyamara, R.R., Nurcahyati and Muqaffi, M.S. (2018) ‘Perancangan tata letak fasilitas produksi wajan TS Putra Yogyakarta’, in Prosiding IENACO 2018.

Pratiwi, I., Etika, M. and Abdul Aqil, W. (2015) ‘Perancangan Tata Letak Fasilitas Di Insustri Tahu Menggunakan Blockplan’, Jurnal Ilmiah Teknik Industri Universitas Muhamadiyah Surakarta, 11(2).

Purnomo, H. (2004) ‘Perencanaan dan Perancangan fasilitas’, Graha Ilmu [Preprint].

Safitri, N.D. et al. (2017) ‘Analisis perancangan tataletak fasilitas produksi menggunakan metode activity relationship chart ( ARC ) Analysis of layout of production facility using activity relationship chart ( ARC )’, Jurnal Manajemen, 9(1).

Safitri, N.D., Ilmi, Z. and Amin, M. (2018) ‘Analisis Perancangan Tataletak Fasilitas Produksi menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC)’, Jurnal Manajemen, 9(1). Available at: https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i1.2431.

Septiani, T. and Syaichu, A. (2020) ‘Perencanaan Ulang Tata Letak Fasilitas Menggunakan Metode Activity Relationship Chart (ARC)’, Sistem Jurnal Ilmu Ilmu Teknik, 16(2). Available at: https://doi.org/10.37303/sistem.v16i2.184.

Sihombing, E.I.N.T., Manik, Y. and Siboro, B.A.H. (2021) ‘Perancangan Tata Letak Fasilitas Pada Rumah Produksi Taman Eden 100’, Jurnal Integrasi Sistem Industri, 8(2).

Stevenson, W.J. and Chuong, S.C. (2015) Operations Management : An Asian Perspective, Kedua.

Suminar, L.A., Wahyudin, W. and Nugraha, B. (2020) ‘Analisis Perancangan Tata Letak Pabrik Pt. Xyz Dengan Metode Activity Relationship Chart (ARC)’, Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, 20(2). Available at: https://doi.org/10.36275/stsp.v20i2.276.

Wignjosoebroto, S. (2009) ‘Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan (Edisi Ketiga)’, Guna Widya, Surabaya [Preprint].

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Hutauruk, M. R. (2024). Bimbingan Teknis Sistem Akuntansi Online dengan Aplikasi Zahir Online Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 266–278. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/2539

Issue

Section

Articles