Implementasi Digital Marketing melalui Penggunaan Sosial Media pada UMKM Amplang Amal Desa Muara Badak Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara

Authors

  • Rudy Syafariansyah Dachlan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Sri Wahyuti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Muhammad Astri Yulidar Abbas Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Siti Rohmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Thomas Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nur Fadilah Aini Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3622

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Media Sosial, Branding

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan besar dalam adaptasi terhadap pemasaran digital. UMKM Amplang Amal di Desa Muara Badak Ilir menjadi contoh konkret dari keterbatasan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, yang berdampak pada daya saing dan jangkauan pasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memahami dan mengimplementasikan strategi digital marketing berbasis media sosial. Kegiatan pelatihan dilakukan di tempat usaha yang juga merupakan rumah  pemilik usaha. Peserta pelatihan adalah pemilik usaha dan satu orang karyawannya. Metode yang digunakan adalah action research, dengan pendekatan edukatif melalui ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, yang dilaksanakan dalam dua sesi—teori dan praktik langsung. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital marketing peserta, ditandai dengan mulai digunakannya platform seperti Instagram dan WhatsApp untuk promosi produk serta peningkatan interaksi dengan konsumen. Strategi promosi yang diajarkan mencakup optimalisasi bauran promosi, pemilihan media yang tepat, penyusunan copy iklan, hingga analisis SWOT untuk pembuatan konten yang menarik. Simpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa pelatihan digital marketing mampu meningkatkan visibilitas merek, memperluas pasar, dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan usaha UMKM. Rekomendasi ditujukan pada perlunya pelatihan lanjutan dan pendampingan berkelanjutan guna menjaga adaptasi terhadap dinamika teknologi dan pasar digital.

References

Abdurrahim, & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Dan Advertising Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 2(1), 42–47. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Aldana, S., Haq, A., & Muljanto, M. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Adaptasi DigitalMarketing Pada UMKM Kalirungkut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1958–1963. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1260/939

Ali Abbasi, G., Abdul Rahim, N. F., Wu, H., Iranmanesh, M., & Keong, B. N. C. (2022). Determinants of SME’s Social Media Marketing Adoption: Competitive Industry as a Moderator. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211067220

Altin, D., & Wahyudin, N. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Financial Technology dan Digital Marketing. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 262–276. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i2.6608

Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66ea436ab12f2/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024#:~:text=Langsung baca artikel “Ini Media,Digunakan di Indonesia Awal 2024”.&text=Beberapa metode pembayaran ma

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Ardhana, V. Y. P., & Mulyodiputro, M. D. (2023). Pelatihan E-Commerce dan Marketplace Bagi Masyarakat Muda Desa Dasan Baru Kediri. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.57119/abdimas.v2i1.19

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298

Dash, G., & Chakraborty, D. (2021). Digital transformation of marketing strategies during a pandemic: Evidence from an emerging economy during covid-19. Sustainability (Switzerland), 13(12), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13126735

Davison, R. M., Martinsons, M. G., & Kock, N. (2004). Principles of canonical action research. Info Systems J, 14, 65–86. http://www.m-w.com

Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Munizu, M. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia (Issue June).

Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Hasniaty, Harto, B., Istiono, W., Munawar, Z., Waworuntu, A., Hapsari, M. T., Pasaribu, J. S., Ma’sum, H., Gustini, L. K., Rengganawati, H., Anggoro, D., Rukmana, A. Y., & Permana, A. A. (2023). Social Media Marketing. In PT. Global Eksekutif Teknologi (1st ed., Issue May). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Herhausen, D., Miočević, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. P. (2020). The digital marketing capabilities gap. Industrial Marketing Management, 90(June), 276–290. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2020.07.022

Herlan Pratikto, Ichsani S, & Prabawati K. (2019). Edukasi Membuat Kerajinan Tangan Tempat Alat Tulis Dari Botol Bekas. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 03(1), 3.

Homburg, C., & Wielgos, D. M. (2022). The value relevance of digital marketing capabilities to firm performance. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(4), 666–688. https://doi.org/10.1007/s11747-022-00858-7

Jacobson, J., Gruzd, A., & Hernández-García, Á. (2020). Social media marketing: Who is watching the watchers? Journal of Retailing and Consumer Services, 53. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.001

Khairunnisa, I., Harmadji, D. E., Ristiyana, R., Harto, B., Mekaniwati, A., Widjaja, W., Malau, N. A., Faried, T. P. T. N. H. A. I., Purwanti, T., & A, M. U. (2022). Usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) (1st ed., Issue November 2022). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Khalayleh, M. A., & Al-Hawary, S. I. S. (2022). The impact of digital content of marketing mix on marketing performance: An experimental study at five-star hotels in Jordan. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1023–1032. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.8.008

Low, S., Ullah, F., Shirowzhan, S., Sepasgozar, S. M. E., & Lee, C. L. (2020). Smart digital marketing capabilities for sustainable property development: A case of Malaysia. Sustainability (Switzerland), 12(13). https://doi.org/10.3390/su12135402

Paranoan, N., Carolus, A., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Produk Kuliner Di Makassar. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33

Peter, M. K., Kraft, C., & Lindeque, J. (2020). Strategic action fields of digital transformation: An exploration of the strategic action fields of Swiss SMEs and large enterprises. Journal of Strategy and Management, 13(1), 160–180. https://doi.org/10.1108/JSMA-05-2019-0070

Puddin, K., Sulaiman, L., & Kholis, A. (2020). Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM. Economic & Business Publishing, Medan.

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati., & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4974/2941

Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793

Shkarlet, S., Dubyna, M., Shtyrkhun, K., & Verbivska, L. (2020). Transformation of the paradigm of the economic entities development in digital economy. WSEAS Transactions on Environment and Development, 16, 413–422. https://doi.org/10.37394/232015.2020.16.41

Sukmasetya, P., Rochiyanto, A., Hidayat, C. N., Nafiah, A., & Sari, N. I. (2021). Implementasi Digital Branding sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produksi Industri Kreatif Rumah Tangga. Community Empowerment, 6(3), 336–342. https://doi.org/10.31603/ce.3793

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Downloads

Published

2025-08-04

How to Cite

Dachlan, R. S., Wahyuti, S., Abbas, M. A. Y., Rohmah, S., Thomas, & Aini, N. F. (2025). Implementasi Digital Marketing melalui Penggunaan Sosial Media pada UMKM Amplang Amal Desa Muara Badak Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Abdimas Mahakam, 9(02), 511–523. https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3622

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.