Implementasi Digital Marketing melalui Penggunaan Sosial Media pada UMKM Amplang Amal Desa Muara Badak Ilir Kabupaten Kutai Kartanegara
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i02.3622Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Media Sosial, BrandingAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan besar dalam adaptasi terhadap pemasaran digital. UMKM Amplang Amal di Desa Muara Badak Ilir menjadi contoh konkret dari keterbatasan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, yang berdampak pada daya saing dan jangkauan pasar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam memahami dan mengimplementasikan strategi digital marketing berbasis media sosial. Kegiatan pelatihan dilakukan di tempat usaha yang juga merupakan rumah pemilik usaha. Peserta pelatihan adalah pemilik usaha dan satu orang karyawannya. Metode yang digunakan adalah action research, dengan pendekatan edukatif melalui ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, yang dilaksanakan dalam dua sesi—teori dan praktik langsung. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital marketing peserta, ditandai dengan mulai digunakannya platform seperti Instagram dan WhatsApp untuk promosi produk serta peningkatan interaksi dengan konsumen. Strategi promosi yang diajarkan mencakup optimalisasi bauran promosi, pemilihan media yang tepat, penyusunan copy iklan, hingga analisis SWOT untuk pembuatan konten yang menarik. Simpulan dari kegiatan ini menegaskan bahwa pelatihan digital marketing mampu meningkatkan visibilitas merek, memperluas pasar, dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan usaha UMKM. Rekomendasi ditujukan pada perlunya pelatihan lanjutan dan pendampingan berkelanjutan guna menjaga adaptasi terhadap dinamika teknologi dan pasar digital.
References
Abdurrahim, & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Dan Advertising Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Biuti Di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan (JSMK), 2(1), 42–47. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Aldana, S., Haq, A., & Muljanto, M. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Adaptasi DigitalMarketing Pada UMKM Kalirungkut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 1958–1963. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1260/939
Ali Abbasi, G., Abdul Rahim, N. F., Wu, H., Iranmanesh, M., & Keong, B. N. C. (2022). Determinants of SME’s Social Media Marketing Adoption: Competitive Industry as a Moderator. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211067220
Altin, D., & Wahyudin, N. (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM melalui Financial Technology dan Digital Marketing. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 262–276. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i2.6608
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66ea436ab12f2/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024#:~:text=Langsung baca artikel “Ini Media,Digunakan di Indonesia Awal 2024”.&text=Beberapa metode pembayaran ma
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Ardhana, V. Y. P., & Mulyodiputro, M. D. (2023). Pelatihan E-Commerce dan Marketplace Bagi Masyarakat Muda Desa Dasan Baru Kediri. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.57119/abdimas.v2i1.19
Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298
Dash, G., & Chakraborty, D. (2021). Digital transformation of marketing strategies during a pandemic: Evidence from an emerging economy during covid-19. Sustainability (Switzerland), 13(12), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13126735
Davison, R. M., Martinsons, M. G., & Kock, N. (2004). Principles of canonical action research. Info Systems J, 14, 65–86. http://www.m-w.com
Erwin, Ardyan, E., Ilyas, A., Ariasih, M. P., Nawir, F., Sovianti, R., Amaral, M. A. L., Setiawan, Z., Setiono, D., & Munizu, M. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia (Issue June).
Haque-fawzi, M. G., Iskandar, ahmad syarief, Erlangga, H., Nurjaya, Sumarsi, D., & I. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973
Hasniaty, Harto, B., Istiono, W., Munawar, Z., Waworuntu, A., Hapsari, M. T., Pasaribu, J. S., Ma’sum, H., Gustini, L. K., Rengganawati, H., Anggoro, D., Rukmana, A. Y., & Permana, A. A. (2023). Social Media Marketing. In PT. Global Eksekutif Teknologi (1st ed., Issue May). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133
Herhausen, D., Miočević, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. P. (2020). The digital marketing capabilities gap. Industrial Marketing Management, 90(June), 276–290. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2020.07.022
Herlan Pratikto, Ichsani S, & Prabawati K. (2019). Edukasi Membuat Kerajinan Tangan Tempat Alat Tulis Dari Botol Bekas. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 03(1), 3.
Homburg, C., & Wielgos, D. M. (2022). The value relevance of digital marketing capabilities to firm performance. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(4), 666–688. https://doi.org/10.1007/s11747-022-00858-7
Jacobson, J., Gruzd, A., & Hernández-García, Á. (2020). Social media marketing: Who is watching the watchers? Journal of Retailing and Consumer Services, 53. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.001
Khairunnisa, I., Harmadji, D. E., Ristiyana, R., Harto, B., Mekaniwati, A., Widjaja, W., Malau, N. A., Faried, T. P. T. N. H. A. I., Purwanti, T., & A, M. U. (2022). Usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) (1st ed., Issue November 2022). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Khalayleh, M. A., & Al-Hawary, S. I. S. (2022). The impact of digital content of marketing mix on marketing performance: An experimental study at five-star hotels in Jordan. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1023–1032. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.8.008
Low, S., Ullah, F., Shirowzhan, S., Sepasgozar, S. M. E., & Lee, C. L. (2020). Smart digital marketing capabilities for sustainable property development: A case of Malaysia. Sustainability (Switzerland), 12(13). https://doi.org/10.3390/su12135402
Paranoan, N., Carolus, A., & Sau, M. (2022). Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Produk Kuliner Di Makassar. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33
Peter, M. K., Kraft, C., & Lindeque, J. (2020). Strategic action fields of digital transformation: An exploration of the strategic action fields of Swiss SMEs and large enterprises. Journal of Strategy and Management, 13(1), 160–180. https://doi.org/10.1108/JSMA-05-2019-0070
Puddin, K., Sulaiman, L., & Kholis, A. (2020). Digital Marketing Untuk Pelaku UMKM. Economic & Business Publishing, Medan.
Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati., & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4974/2941
Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793
Shkarlet, S., Dubyna, M., Shtyrkhun, K., & Verbivska, L. (2020). Transformation of the paradigm of the economic entities development in digital economy. WSEAS Transactions on Environment and Development, 16, 413–422. https://doi.org/10.37394/232015.2020.16.41
Sukmasetya, P., Rochiyanto, A., Hidayat, C. N., Nafiah, A., & Sari, N. I. (2021). Implementasi Digital Branding sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produksi Industri Kreatif Rumah Tangga. Community Empowerment, 6(3), 336–342. https://doi.org/10.31603/ce.3793
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rudy Syafariansyah Dachlan, Sri Wahyuti, Muhammad Astri Yulidar Abbas, Siti Rohmah, Thomas, Nur Fadilah Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



