Penerapan Qris di Destinasi Wisata: Transformasi Pembayaran Digital dan Edukasi di Era Modern

Authors

  • Andi Fani Firawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Siti Rohmah Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nadiya Yunan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.3264

Keywords:

QRIS, transformasi digital, teknologi pembayaran.

Abstract

Artikel ini mengulas penerapan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) di Kelurahan Tanjung Harapan, sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Implementasi QRIS bertujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mengurangi penggunaan uang tunai, serta memenuhi kebutuhan wisatawan akan kemudahan pembayaran digital. Melalui edukasi dan simulasi kepada pelaku UMKM, artikel ini memfasilitasi transaksi yang lebih aman, cepat, dan praktis. Kegiatan ini dilakukan kepada tiga orang pedagang dengan simulasi langsung, yang disesuaikan dengan jadwal istirahat pedagang untuk menghindari gangguan pada aktivitas jual beli. Pelaksanaan berlangsung pada hari Sabtu, 20 Juli 2024. Artikel ini juga mengeksplorasi tantangan yang dihadapi serta peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan teknologi pembayaran digital di sektor pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan QRIS tidak hanya mempermudah transaksi di destinasi wisata, tetapi juga mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui digitalisasi UMKM.

References

Latifah, N. (2024). Pengembangan UMKM Bank Indonesia dalam Upaya Ketahanan Ekonomi Kabupaten Tegal Tahun 2022: Evaluasi Kebijakan Program. NeoRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(2), 586–605.

Lestari, S. A. (2022). Analisis Preferensi Generasi Milenial dalam Memutuskan Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) sebagai Alat Pembayaran. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

Manurung, C. M., Sipahutar, J. N., Charolin, A., Saputra, Z. E., & Hasyim, H. (2024). Efektivitas Program Q-Ris (Quick Response Code Indonesian Standard) Oleh Bank Indonesia Dalam Meningkatkan Transaksi Non-Tunai. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(3), 68–88.

Nisa, N. K., Nabila, F. F., Syafi, G. R., Nugroho, S. W., Huda, H. P., Putri, N. A., Dzikrillah, A. G., Handoko, W. D., Pambudhi, A. A., & Nabilla, I. (2024). Pendampingan Pengembangan E-Payment Melalui Qris Untuk Mempermudah Transaksi Mobile Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dan Aktivitas Wisata Pesona Garda Di Dusun Dawung, Desa Candirejo, Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(11), 544–553.

Nisaa, M. D. C., & Wahyudi, A. (2023). Strategy for Developing the Existence of Caruban Baru Market in the Era of Society 5.0. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3).

Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2023). Percepatan Implementasi Digital Payment Pada UMKM: Intensi Pengguna QRIS Berdasarkan Technology Acceptance Model. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/nominal.v12i1.52480

Soetomo, W. E., Listyorini, H., & Aris, U. (2021). Kesiapan Masyarakat dan Pemanfaatan Digital Enabler pada Kampung Wisata Digital Prailiu. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1(1), 252–268.

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Firawati, A. F., Rohmah, S., & Yunan, N. (2025). Penerapan Qris di Destinasi Wisata: Transformasi Pembayaran Digital dan Edukasi di Era Modern. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 481–486. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.3264

Issue

Section

Articles