Pelatihan dan Pemanfaatan Sosial Media sebagai Sarana Penunjang Pemasaran Produk UMKM Warga Desa Dandang, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang Banten

Authors

  • Tita Puspitasari Universitas Pamulang
  • Rusyda Maulida Universitas Pamulang
  • Asep Erlan Maulana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1676

Keywords:

Pemanfaatan Media Sosial, Pemasaran Produk UMKM, Warga desa Dangdang

Abstract

Perkembangan internet telah membawa dampak perubahan yang sangat signifikan disegala segi kehidupan. Internet dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah, efektif dan efisien baik dari segi waktu dan hal lainnya. Salah satu produk aplikasi internet adalah sosial media. Sosial media sudah menjadi kebutuhan dalam penunjang aktivitas manusia saat ini, tidak hanya sebagai gaya hidup, sektor pendidian dan bahkan dunia usaha sudah sangat akrab dan hampir semua bidang usaha menggunakan bantuan sosial media dalam mengembangkan dan memasarkan produknya sehingga dapat dinikmati oleh khalayak ramai tak terbatas. Banyak jenis sosial media yang digunakan sesuai kebutuhan dari masing-masing pelaku usaha baik itu makro ataupun mikro, karena saat ini dengan adanya sosial media orang lebih mudah berbelanja dimana saja kapan saja tanpa terhalang oleh jarak. Hal ini yang sangat mendasari kami Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) tergerak untuk menjadikan masyarakat para pelaku ekonomi kreatif seperti warga Desa Dandang yang sebagian besar adalah penggrajin tusuk sate dapat merasakan manfaat dari sosial media terutama dalam pengembangan usaha dan pemasaran produknya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan warga. Harapan kami setelah adanya kegiatan PkM ini yaitu  “Pelatihan dan Pemanfaatan Sosial Media sebagai Sarana Penunjang Pemasaran Produk UMKM”, warga desa dapat menerapkan pengetahuannya dalam aktivitas sehari-hari. Baik dalam mencari sumber informasi tentang kualitas produk lain yang serupa sehingga dapat meningkatkan kualitas produksinya. Dan juga warga desa dapat menggunakan sosial media dengan maksimal agar dapat menunjang pemasaran produk lebih maksimal karena mudah diakses oleh khalayak ramai. Sehingga semakin banyak yang menggunakan produk UMKM warga Desa Dandang akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan warga.

References

Dirgahayu, D. (2021). PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL ( SOCIAL NETWORK ) OLEH PETERNAK AYAM PELUNG. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 3(04), 68–73. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/662
Fatehah, N., & Dyatmika, T. (2021). PENDAMPINGAN DAN SOSIALISASI SITUS BELAJAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN ONLINE. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 149–166. doi: 10.35316/assidanah.v3i2.1454
Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. Retrieved September 15, 2022, from DataReportal – Global Digital Insights website: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Priambada, S. (2017). POTENSI MEDIA SOSIAL BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI MALANG RAYA. SESINDO 9, 2017. Retrieved from https://si.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1768/POTENSI-MEDIA-SOSIAL-BAGI-USAHA-KECIL-DAN-MENENGAH-UKM-DI-MALANG-RAYA
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.
Septianti, S., Solikah, F., & Mardiyah, S. (2021). PROGRAM PENGEMBANGAN IDE UMKM WAROENG KOPI SINGGAH. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–12. doi: 10.35316/assidanah.v3i1.1100
Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2). doi: 10.31294/jc.v16i2.1283

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Puspitasari, T., Maulida, R., & Maulana, A. E. (2023). Pelatihan dan Pemanfaatan Sosial Media sebagai Sarana Penunjang Pemasaran Produk UMKM Warga Desa Dandang, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(01), 9–17. https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1676