Implementasi Sistem Pelaporan Perpajakan bagi BUMDes dan Pelaku UMKM di Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara

Authors

  • Fenty Fauziah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Askiah Askiah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bun Yamin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

implementasi; bumdes; umkm; spt tahunan; e-filling.

Abstract

Membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara Indonesia yang harus dilaksanakan. Bentuk ketaatan warga Negara adalah memiliki nomor pokok wajib pajak dan melaporkan SPT Tahunan. Pengetahuan masyarakat tentang perpajakan yang masih minim menjadi dasar pengabdian ini dilakukan. Bentuk dari implementasi yang dilakukan adalah sosialisasi dan pelatihan, yang dilaksanakan bulan Februari 2021, yaitu sebelum tanggal terakhir pelaksanaan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan.  Tujuan dari pelatihan ini, khususnya bagi BUMDes dan pelaku UMKM adalah untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan pelaporan perpajakan melalui web DJP online dan aspek lain yang berhubungan dengan hal tersebut. Proses sosialisasi dan pelatihan dimulai dari persiapan dengan menganalisis kebutuhan sosialisasi dan pelatihan, merumuskan tujuan kegiatan, mempersiapkan materi dan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan. Metode sosialisasi dilakukan dengan memberikan ceramah, diskusi, tanya jawab dan metode pelatihan dilakukan bagaimana penyajian laporan keuangan, memiliki e-fin serta pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan melalui e-filling. Pelatihan dilakukan menggunakan akun salah satu peserta yang sudah memiliki akun di secara daring melalui web https://djponline.pajak.go.id/. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan teknis bagi BUMDes dan pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan serta mengimplementasikan pengetahuannya tentang kewajiban perpajakannya yaitu cara pengisian dan pelaporan SPT tahunan bagi BUMDes dan pelaku UMKM sebagai orang pribadi maupun badan, sehingga pelaporan SPT tahunan dapat dilakukan tahun pajak 2020 dan pada masa tahun pajak yang akan datang.

References

Abbas, D. S., Eksandy, A., Hakim, M. Z., dan Santoso, S. B. 2020. Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Pph OP 1770 S Melalui E-Filing. Pada UMKM KSPPS Abdi Kerta Raharja. Jurnal Abdimas BSI. 3(1), 198-207.
Andarsari, P. R. dan Dura, J. 2018. Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan di Kota Malang) Jurnal JIBEKA. 12(1), 59 – 64.
Dewi, R. S., Dewi, O. A. C., & Noviasri, R. (2019). Perancangan Dan Implementasi Sistem E-Commerce Pada UMKM Batik Di Kabupaten Jombang, Dinamisia, 3(1), 36-43.
Fauziah, F. 2019. Potensi Pajak Pelaku Umkm Digital Dan Kewajiban Zakat. Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen (Sambis). Surakarta: 22 Juni 2019, 276-286.
Hidayat, A. T., Pujiati, L., Hidyati, N., Hendrawan, S. A, Suprapto, S., dan Nurali. 2018. Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari Desa Bandung Kecamatan Diwek Jombang. Comvice, 2(1), 16-20.
Hendri. 2018. Implementasi Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2018 Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Vokasi Indonesia. 6(2), 53-58.
Muljanto, M. A. 2020. Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pengabdhi. 6(1), 40-43.
Nugroho, R. 2014. Public policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Siswanto, A. dan Sadjiarto, A. 2014. Penyusunan Laporan Keuangan dan Penghitungan Pajak Penghasilan Pada UMKM Industri Kulit Di Surabaya. Tax & Accounting Review. 4(2), 1-9.
Welson, W., Sabijono, H. dan Elim, I. 2015. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Kriteria Pemberian Kredit Oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Manado Jurnal EMBA, 3(3), 1266-1274
Winarno, B. 2012. Kebijakan Publik: Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
http://p2kp.stiki.ac.id/. Tani Bhakti, Loa Janan, Kutai Kartanegara, Buku Ensiklopedi. Diakses tanggal 4 Maret 2021

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Fauziah, F. ., Askiah , A. ., & Yamin, B. . (2021). Implementasi Sistem Pelaporan Perpajakan bagi BUMDes dan Pelaku UMKM di Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Abdimas Mahakam, 5(02), 245–251. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/abdimasmahakam/article/view/1135

Issue

Section

Articles