Pelatihan Test Of English Foreign Language (TOEFL) bagi Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v6i01.1142Keywords:
Tips, Tricks, Toefl, Try outAbstract
Test Of English Foreign Language (TOEFL) Institusional Testing Program (ITP) saat ini merupakan tren di kalangan pelajar maupun pekerja, sebab tes ini digunakan sebagai prasyarat dalam banyak hal, seperti syarat kelulusan, syarat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, syarat masuk kerja hingga syarat kenaikan jabatan. Bagi mahasiswa yang akan mengakhiri masa studi sarjana di Program Studi Manajemen di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) tes ini digunakan sebagai syarat kelulusan, dengan skor minimal 400. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, salah satunya yang dilakukan oleh tim pengabdi. Pada tanggal 21 Maret 2021 situasi masih masa pandemi, sehingga kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, namun secara daring melalui aplikasi zoom. Mahasiswa diberikan pelatihan untuk memahami tips and tricks menghadapi TOEFL yang berdasar paper base. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi yang terdiri dari jenis-jenis beasiswa dalam dan luar negeri, contoh beasiswa penuh dengan tes ini sebagai persyaratan utama, disampaikan juga komponen tes serta contoh soalnya. Di samping itu, sharing pengalaman mengikuti tes ini oleh tim pengabdi menjadi rangkaian acara ini. Kegiatan selanjutnya adalah sesi try out, peserta diberikan beberapa soal yang berhubungan dengan pelatihan, sehingga peserta mengenal langsung tes TOEFL yang sesungguhnya. Dari hasil try out dapat dinilai bahwa kegiatan ini membangkitkan semangat mahasiswa untuk menyelesaikan test, sehingga jika nantinya menghadapi tes yang sesungguhnya memperoleh score lulus.
References
Hartanto, E. C. S., & Inayati, R. (2016). Strategi Peningkatan Nilai TOEFL Mahasiswa Di Universitas Trunojoyo Madura. Prosodi. 10(2), 133-144.
Lubis, L. R., Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal-Soal TOEFL. Prosiding. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3, 380-387
Ma, J. and Cheng, L. (2015). Chinese students’ perceptions of the value of test preparation courses for the TOEFL IBT: merit, worth, and significance. TESL Canada Journal. 33(1), 58-79.
Nurhayati, N dan Nehe, B. M. (2016). An Analysis Of Students’ Strategies In Answering TOEFL. The Journal of English Language Studies. 1(1), 10-18.
Philips, D. (2001). Longman complete course for the TOEFL test. New York: Longman.
Saafin, S. (2014). Different performance of EFL university students on TOEFL and IELTS. AWEJ .5 (1). Pp.79-88.
Salam, U. (2017). Toefl Antara Penting Dan Frustasi: Analisis Kebijakan “Toefl” Di Universitas Tanungpura. Jurnal Pembelajaran Prospektif. 2 (1). 37-44
Sucahyo, S. A. (2016). Peta nilai TOEFL mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam negeri Samarinda. Fenomena, 8(1). Pp. 101-109
Sukur, S. G. (2013). Magic trick TOEFL ITP: magic trick menyelesaikan soal-soal TOEFL ITP ala sang pakar. Yogyakarta: Kalarana Press.
Tyagi, B. (2013). Listening : An Important Skills and Its Various Aspects. The Criterion. Issue 12, 1-8.
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca. 2(2), 36-46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.