Pelatihan Optimasi Promosi UMKM melalui Pelatihan Literasi 'Product Labelling' di Desa Slatri Larangan Brebes
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2936Keywords:
bawang merah, brebes, Kewirausahaan, Produk, Kemasan, labelAbstract
Brebes, khususnya desa Slatri, dikenal sebagai salah satu produsen bawang merah terbesar di Indonesia, dengan banyak penduduk yang bergantung pada pertanian bawang merah sebagai mata pencaharian utama. UMKM di desa ini menghadapi kendala dalam pengemasan dan pelabelan produk, yang berdampak pada daya tarik dan pemasaran produk. Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam pengemasan dan pelabelan produk menghambat UMKM di desa Slatri untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Pengemasan dan pelabelan yang menarik dan informatif sangat penting untuk meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk bawang merah olahan. Untuk mengatasi masalah ini, tim dosen dari Universitas Dian Nuswantoro melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan literasi dan keterampilan pengemasan dan pelabelan produk bagi pelaku UMKM di desa Slatri. Pelatihan dilaksanakan di desa Slatri selama satu hari, pada tanggal 28 September 2022. Peserta terdiri dari 40 pelaku UMKM lokal yang bergerak di bidang pengolahan bawang merah. Pelatihan ini melibatkan berbagai sesi teori dan praktik mengenai teknik pengemasan dan pembuatan label produk yang sesuai standar pasar. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM di desa Slatri. Manfaat jangka pendeknya adalah peningkatan keterampilan pengemasan dan pelabelan bagi pelaku UMKM. Sementara itu, manfaat jangka panjangnya meliputi keberlanjutan usaha, peningkatan ekonomi desa, dan kemampuan UMKM untuk bersaing di pasar yang lebih luas dan kompetitif.
References
Hasanah, U., & Setiyo Pambudi, B. (2023). Pengaruh Kemasan dan Label terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 14(6). https://journal.ikopin.ac.id
Herawati, H., & Muslikah. (2019). Pengaruh promosi dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian Sariayu Putih Langsat. KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 17–35.
Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan platform e-commerce melalui marketplace sebagai upaya peningkatan penjualan dan mempertahankan bisnis di masa pandemi (studi pada UMKM makanan dan minuman di malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133.
Ismunandar, Muhajirin, & Haryanti, I. (2021). Pengaruh labelisasi halal dan kualitas hidup terhadap keputusan pembelian produk umkm di kota Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1).
Maryama, S., Yandri, P., & Istimal, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Packaging Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Kota Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 156–159.
Muhammad Fahmul Iltiham, & Nizar, M. (2020). Pengaruh label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), harga pada oleh-oleh makanan khas Pasuruan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 311–326. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2149
Mulyadi, G. (2015). Pengaruh merk dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen, 2.
Putri, D. L., Murniningsih, R., & Santosa, M. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Label Halal, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris UMKM Oleh-Oleh Getuk Eco Magelang). Borobudur Management Review, 2(2), 87–111. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.7006
Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Edukasi literasi digital: Pendampingan transformasi digital pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599–1606. https://doi.org/10.1080/10941665.2020.1859057
Suprapto, R., Wahyuddin Azizi, Z., & Rembang, S. Y. (2020). Pengaruh kemasan, label halal, Label izin P-IRT terhadap keputusan pembelian konsumen UMKM kerupuk ikan. Riset Ekonomi Manajemen, 3.
Umami, N., WH, M. A. S., & Hayuhantika, D. (2022). Pelatihan tehnik pengemasan dan pelabelan untuk meningkatkan kemampuan managemen pemasaran untuk UMKM Desa Belimbing. Jurnal Pengabdian Masyarakat-Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 85–92.
Vellina, V., & Nugroho, A. (2020). Pengaruh visual kemasan pada produk private label minimarket Alfamart terhadap keputusan pembelian. Jurnal Titik Imaji, 3, 51–59. http://journal.ubm.ac.id/index.php/titik-imaji/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febri Dhany Triwibowo, Rahmanti Asmarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.