FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN DALAM MEMBAYAR KEWAJIBAN USAHA ( STUDI KASUS PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021)

Authors

  • Pantas Pangondian Pardede
  • Dwi Fitriani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Emanuel Jevan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Putri Amalia Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Perolehan Laba, Arus Kas, Risiko Bisnis, Kewajiban Usaha

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui Pengaruh Perolehan Laba dan Risiko Bisnis Terhadap Pembayaran Kewajiban Usaha (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2017-2021). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 24 perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2021. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program komputer SPSS versi 26 untuk mengetahui pengaruh dan hubungan masing-masing variabel.

Hasil analisis penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial perolehan laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembayaran kewajiban usaha, arus kas berpengaruh positif dan signifikan pembayaran terhadap kewajiban usaha, risiko bisnis tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pembayaran kewajiban usaha. Secara simultan perolehan laba, arus kas dan risiko bisnis secara bersama- sama memiliki pengaruh terhadap pembayaran kewajiban usaha

Kata kunci:      Perolehan Laba, Arus Kas, Risiko Bisnis, Kewajiban Usaha

References

Astuti, E. (2018). Pengaruh Total Kewajiban dan Modal Kerja Terhadap Laba Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI.

Bara, D. (2015). Pengaruh Laba Terhadap Total Kewajiban Pada PT. Krakatau Steel Tbk.

Don R. Hansen. (2009). Akuntansi Manajerial, Buku 1 Edisi 8. Penerbit Salemba Empat.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Universitas Diponegoro.

Hutahuruk, M. R., Sutarmo, Y., & Bactiar, Y. (2022). Metodologi Penelitian untuk Ilmu Sosial Humaniora dengan Pendekatan Kuantitatif:Proposal, Kegiatan Penelitian, Laporan Penelitian. Jakarta:Salemba Empat.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.

---------- (2019). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.

Lestari, E.(2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi KewajibanYang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2015.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Pangondian Pardede, P., Fitriani, D., Jevan, E., & Amalia, P. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN DALAM MEMBAYAR KEWAJIBAN USAHA ( STUDI KASUS PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021). Jurnal Ekonomika: Manajemen, Akuntansi, Dan Perbankan Syari’ah, 12(2), 108–117. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/ekonomika/article/view/2303

Issue

Section

Articles