EFEKTIVITAS KUALITAS PRODUK & BRAND IMAGE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM GANDOK CRAFT BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24903/je.v10i2.1229Keywords:
kualitas produk; brand image; keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk serta brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian UMKM Gandok Craft Bantul, Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian merupakan konsumen yang sempat melakukan pembelian produk di UMKM Gandok Craft Kabupaten Bantul Provinsi D.I. Yogyakarta. Data primer diperoleh dari angket dengan 40 responden dengan purposive sampling. Setelah itu data dianalisis memakai analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian pada uji t menampilkan kalau variabel kualitas produk (X1) tidak mempengaruhi signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.752 > 0.05 serta nilai t hitung 0.319 < t tabel 2.023 sebaliknya buat variabel brand image (X2) mempengaruhi positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 serta nilai t hitung 4.871 > t tabel 2.023. Bedasarkan hasil uji F kualitas produk serta brand image secara simultan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Bersumber pada hasil penelitian ini, UMKM Gandok Craft Bantul Yogyakarta dapat meningkatkan brand image dan kualitas produk untuk bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan penjualan.
References
Bawono, A., Arif, K., & Kurniawan, J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen , Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online ( Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ ). 3, 51–65.
Ekonomi, J. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Amrullah, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia. 13(2), 99–118.
Ghozali, I. (2011). aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS19 (5th ed.) (Undip).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).
Ghozali, I. (2018). AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian surat kabar PT. Suara Barisan Hijau harian Orbit Medan. 16(02), 1–11.
Suhardjo, A. dan. (2013). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan (studi kasus pada Pemerintah Kota Tual).
Sujarweni. (2015). Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi, cetakan pertama. 176.
Wahyuni, D. U. (2008). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” Di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 30-37–37. https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp.30-37
Wiyono. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0.
Yuvita, H. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). Mix Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 431. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.004