Pemberdayaan Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Ecoprint di Sos Children’s Village Banda Aceh

Authors

  • Saniman Andi Kafri Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Putri Dahlia Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Dwindy Putri Cufara Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2509

Keywords:

Ecoprint, Ekonomi Kreatif, SOS Children’s Village Banda Aceh.

Abstract

SOS Children’s Village Banda Aceh merupakan organisasi sosial yang yang mendedikasikan diri untuk pengasuhan anak-anak dan remaja yang telah atau beresiko kehilangan orang tua. Organisasi ini memfasilitasi peserta didik dalam berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan. Selain memberikan pendidikan, organisasi ini juga memberi pembekalan peserta melalui berbagai pelatihan untuk mempersiapkan diri menuju kemandirian dan membangun peluang wirausaha. Minimnya tenaga pendidik dan kegiatan yang menunjang kewirausahaan di bidang seni/budaya menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi lembaga SOS Children’s Village Banda Aceh. Selama ini, bantuan dan dukungan yang diterima organisasi ini berasal dari kantor pusat SOS Children’s Village Indonesia dan BLK Banda Aceh untuk memberikan beberapa pelatihan, belum ada perguruan tinggi yang mejadi mitra dalam pengembangan kreativitas berwirausaha, khususnya di bidang seni. Banyaknya peserta didik yang berkisar pada jenjang pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi menjadi perhatian tim pengabdi untuk membekali mereka dengan ilmu dan keahlian dalam menunjang peluang kewirausahaan di bidang budaya, yaitu dengan mengadakan pelatihan ecoprint. Produk ecoprint yang diciptakan peserta didik dapat dipasarkan dengan memanfaatkan teknologi. Banyaknya media sosial dan toko-toko online yang memudahkan penjual dalam memasarkan produk, dapat membantu peserta didik menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya konsumen dalam negeri bahkan dapat menjangkau pasar luar negeri. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi peluang usaha utama maupun usaha sampingan bagi peserta didik untuk menjadi seorang enterpreneur mengingat prospek usaha ini sangat menjanjikan di masa sekarang dan yang akan datang.

Diharapkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi peserta didik SOS Children’s Village Banda Aceh ini dapat menunjang ekonomi kreatif dan melahirkan entrepreneur yang selalu memenuhi kebutuhan pasar sekaligus sebagai upaya pengurangan angka pengangguran. Dalam pelatihan ini teknik ecoprin yangdigunakan merupakan teknik memukul (ketok) dengan menggunakan palu kayu. Dengan tahapan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan hasil dari kegiatan ecoprint.  Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa Laporan Kegiatan, publikasi media online dan artikel ilmiah, serta video kegiatan terkait Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertajuk Pemberdayaan Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Ecoprint di SOS Children’s Village Banda Aceh

Author Biographies

Saniman Andi Kafri, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Program Studi Kriya Seni

Putri Dahlia, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Prodi Kriya Seni

Dwindy Putri Cufara, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Prodi Seni Tari

References

Subiyati, Ainur Rosida, Totok Wartiono. Pelatihan Eco-Print Kain Kapas/Cotton Pada Siswa SMK Tekstil Pedan. Jurnal ABDIMAS 2021,1 (2): 41-46.

Saptutyningsih E, Wardani DTK. Pemanfaatan Bahan Alami untuk Pengembangan Produk Ecoprint di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. War Lpm. 2019;22(1):18–26.

Nurliana S, Wiryono, Haryanti H, Syarifuddin. Pelatihan Ecoprint Teknik Punding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia J Ilm Pengemb dan Penerapan IPTEKS. 2021;19(2):262–71.

Simanungkalit YS, Syamwil R. Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Limbah Mawar (Rosa Sp.) Pada Kain Katun. Fash dan Fash Educ J. 2020;9(1):90–8.

Nisa H, Sari MY. Peran Keberfungsian Keluarga Terhadap Penerimaan Diri Remaja. Psikoislamedia J Psikol. 2019;4(1):13–25.

Amalia AR, Krismawati IE. Efektivitas Workshop Online Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak di Masa Pandemi Covid-19. Utile J Kependidikan. 2021;7(2):93–100.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Kafri, S. A., Dahlia, P., & Cufara, D. P. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif melalui Pelatihan Ecoprint di Sos Children’s Village Banda Aceh. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 86–97. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2509

Issue

Section

Articles