Peningkatan Kapasitas Usaha Cappi Cicipi produk Elat Sapi sebagai makanan khas daerah Kalimantan Timur
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1846Keywords:
ekonomi kreatif, kalimantan timur, elat sapi, UMKM, Pengabdian MasyarakatAbstract
UMKM berperan penting untuk pemulihan ekonomi mengingat besarnya kontribusinya terhadap sektor tenaga kerja. Mitra abdimas kami merupakan UMKM dari Samarinda, Kalimantan Timur dengan merek usaha Cappi Cicipi. Cappi Cicipi merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2020 dan mulai aktif di pertengahan 2021.Produk usaha Cappi Cicipi adalah Kue Elat Sapi dan Martabak Surban. Kue elat sapi adalah jajanan kue khas Samarinda. Produk Cappi Cicipi yang pertama kali menginovasi kue tersebut agar banyak peminat pelanggan dari daerah samarinda, wisatawan atau dari luar daerah untuk membeli dan mencicipi produk Cappi Cicipi dengan berinovasi melalui penawaran elat sapi dengan varian rasa yang berbeda. Produk tersebut juga bisa dijadikan oleh-oleh bagi pendatang atau wisatawan yang berkunjung di Kota Samarinda. Bagaimanapun, keterbatasan terkait pengelolaan bisnis terutama pemasaran perizinan usaha seringkali menghambat kemajuan UMKM untuk berinovasi. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra diantaranya keterbatasan pemahaman tentang strategi digital marketing serta terkait prosedur perizinan sertifikat halal. Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan kapasitas usaha mitra agar dapat mengembangkan bisnisnya, melalui pelatihan manajemen pemasaran dengan focus pada segmenting, positioning, dan targeting (STP) strategi dan digital marketing serta pelatihan seputar perizinan usaha. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memfasilitasi perkembangan usaha mitra untuk kemudian mampu memberikan multiplier effect bagi usaha sejenis dan usaha lain yang terkait (bermitra) dengannya dan diharapkan program pengabdian masyarakat ini turut berkontribusi terhadap peningkatan produk local penunjang pariwisata Kaltim.
References
CNN Indonesia. (2018). Ekonomi Kreatif jadi tulang punggung, Bisnis Kuliner Nomor Wahid. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=z59CXoFuBLA [Diakses pada 13 Desember 2021]
Febriyanto, M.T., dan Arisandi, D. (2018).Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara Vol.1 No.2 Retrieved from: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiQ3dik6t_0AhX9yjgGHTiZAeAQFnoECAkQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.stiedewantara.ac.id%2Findex.php%2FJMD%2Farticle%2Fdownload%2F175%2F128&usg=AOvVaw3BPhAktmGry2rlRkG7RlKC [Diakses pada 13 Desember 2021]
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia [Diakses pada 10 Desember 2021]
Sulaksono, J. dan Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil,
Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal Vol 4.No.1
Utarindasari, D., Purnama, A., dan Prihatini, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol.1 No.1. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/347455-pelatihan-penyusunan-laporan-keuangan-ba-4fc222fa.pdf [Diakses pada 13 Desember 2021]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adisthy Shabrina Nurqamarani, Ari Juliana, Ari Juliana, Nurlaeli Nurlaeli, Agus Prasetyo, Agus Prasetyo, Yeni Santi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.