Pengenalan Kata Kerja Bahasa Inggris Menggunakan Metode Total Physical Responses (TPR) di Sekolah Dasar

Authors

  • Neni Nurkhamidah Universitas Media Nusantara Citra
  • Rizka Patrika Rizal Universitas Media Nusantara Citra
  • Adinda Apriliani Hardono Universitas Media Nusantara Citra
  • Christian Siregar Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2876

Keywords:

Kata Kerja, Total Physical Responses (TPR), Bahasa Inggris, Sekolah Dasar

Abstract

Beberapa sekolah dasar di Indonesia yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka tidak menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Inggris karena kedudukannya adalah sebagai mata pelajaran pilihan. Hal ini menjadikan siswa tidak memiliki kesempatan untuk belajar. Fenomena ini juga terjadi di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cengkareng Barat 07 Pagi. Keinginan siswa untuk belajar Bahasa Inggris dan tidak ada kesempatan untuk mempelajarinya menjadi permasalahan yang akan dipecahkan dalam Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Media Nusantara Citra. Kegiatan ini merupakan pengenalan kata kerja Bahasa Inggris menggunakan Total Physical Responses (TPR) di kelas 4. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Pre-test dan post-test diimplementasikan untuk mengukur keefektifan kegiatan pembelajaran ini. Perbandingan skor pre-test dan post-test menunjukkan bahwa penggunaan metode TPR efektif dalam pengenalan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Selain itu, dari hasil wawancara yang dilakukan, siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris karena metode yang diberikan menyenangkan.

References

Al Ghifarah, N., & Pusparini, R. (2023). Students’ Perception Towards the Role of Ice Breaking Activities In Learning English at Senior High School. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 6(2), 118-128. https://doi.org/10.47080/jeltl.v6i2.2793

Bobrikit, S., Jusnita, N., Ali, S. U., & Dahlan, S. (2020). Exploring Teachers’ Challenges in Teaching English to Young Learners at Sd Katolik Santa Theresia. Cakrawala Bahasa, 9(2), 98-107. https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v9i2.2782

Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge, England: Cambridge University Press.

Chanifa, A. M., Redjeki, E. S., & Dayati, U. (2020, December). Benefits of Teaching Foreign Language for Early Childhood. In 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020) (pp. 112-115).

Chen, S., Zhao, J., De Ruiter, L., Zhou, J., & Huang, J. (2022). A burden or a boost: The impact of early childhood English learning experience on lower elementary English and Chinese achievement. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 25(4), 1212-1229. https://doi.org/10.1080/13670050.2020.1749230

Hussain, S., & Khan, H. K. (2022). The Role of Images in the Teaching and Learning of English: Practices, Issues, and Possibilities. Pakistan Languages and Humanities Review, 6(4), 338-348. https://doi.org/10.47205/plhr.2022(6-IV)31

Malik, H., Humaira, M. A., Komari, A. N., Fathurrochman, I., & Jayanto, I. (2021). Identification of barriers and challenges to teaching English at an early age in Indonesia: an international publication analysis study. Linguistics and Culture Review, 5(1), 217-229. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5n1.1485

Mislina, M. (2023). Teachers' strategies in teaching speaking for young learners (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Moon, J. (2005). Teaching English to young learners: The challenges and the benefits. https://ventana.fl.unc.edu.ar/files/Material-British-Council.pdf

Sabban, A. H., Wahid, J. H., & Marisalawerang, N. (2021). The Effect of Total Physical Response (TPR) In Teaching English Vocabulary. Jurnal Bilingual, 11(1), 43-49. https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v11i1.3382

Scott, W. A., & Ytreberg L. H. (2004). Teaching English to children (19th Impression). New York: Longman.

Tergujeff, E. (2022). Review of Brown (2022): Activities and Exercises for Teaching English Pronunciation. Journal of Second Language Pronunciation, 8(3). https://doi.org /10.1075/jslp.22030.ter

Winskel, H., Jing, Z., Li, Z., Mei, G. X., Peart, E., & Booth, K. (2016). Challenges of foreign language learning in early childhood. (February), 1–8. https://researchportal.scu.edu.au/esploro/outputs/991012820973502368

Zulfa, Z. M., Purwanto, S., & Widyaningrum, A. (2023). The Use of Total Physical Response (TPR) as Teaching Strategy at Elementary School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 11(1), 242-252. https://doi.org/10.24256/ideas.v11i1.3851

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Nurkhamidah, N., Rizal, R. P., Hardono, A. A., & Siregar, C. (2024). Pengenalan Kata Kerja Bahasa Inggris Menggunakan Metode Total Physical Responses (TPR) di Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(02), 334–343. https://doi.org/10.24903/jam.v8i02.2876

Issue

Section

Articles