Penguatan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui Peningkatan Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3185Keywords:
IKN, kepemimpinan, kepuasan kerja, kinerja guruAbstract
Peningkatan Pembangunan Kalimantan Timur bidang pendidikan sangat penting dalam mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN). Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kekuatan dalam mewujudkan kepuasan kerja dan kinerja guru, yang berpengaruh untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan penguatan kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung IKN melalui peningkatan kepuasan kerja dan kinerja guru. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 27 Mei 2024, dihadiri 40 orang kepala sekolah dan 134 orang guru. Peserta berasal dari beberapa wilayah di Kalimantan Timur, yaitu Balikpapan, Samarinda, Kutai Kertanegara, Kutai Timur, Bontang dan Berau. Pelaksanakan dilakukan secara daring, dengan metode presentasi dan tanya jawab. Respon peserta kepala sekolah terhadap penyelengaraan kegiatan ini diperoleh melalui pengisian kuesioner secara daring melalui aplikasi google form. Kuisioner yang diberikan terdapat 2 jenis jawaban, yaitu pengukuran sikap menggunakan skala guttman/skala likert dan essay. Jawaban kuesioner dianalisis sesuai jenis jawaban. Pilihan skala sikap dianalisis berdasarkan skor yang diperoleh, sedangakan jawaban essay dilakukan analisis kata kunci menggunakan aplikasi wordclouds. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa respon peserta terhadap kegiatan PkM ini sangat positif, peserta mengatakan bahwa materi yang disampaikan sangat mampu menguatkan kepemimpinan kepala sekolah, isinya relevan dan sangat direkomendasikan, serta dapat diaplikasikan di sekolah. Peserta juga menyampaikan bahwa selain kepemimpinan, kompetensi kepala sekolah yang perlu ditingkatkan adalah pengelolaan sumberdaya, iklim sekolah yang kondusif, membangun tim kerja yang solid, meningkatkan potensi dan daya saing sekolah. Kompetensi yang disebutkan akan menjadi topik kegiatan PkM pada tahun berikutnya.
References
Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.1151
Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Arifin, S., Sinambela, E. A., & Putra, A. R. (2021). Studi Tentang Peranan Variabel Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Kondisi Kerja Terhadap Perwujudan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 516–530. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.317
Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Hosan, Komardi, D., & Panjaitan, H. P. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Sekolah Metta Maitreya Pekanbaru. Jurnal Ilmish Manajemen, 7(3), 250–262. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/procuratio/index
Ilham, I. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70
Komariyah, L., Sulaeman, N. F., & Nuryadin, A. (2023). Strengthening teacher competencies in the era of independent curriculum through the implementation of change management. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 366–374. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i2.11295
Lantara, I. W. A. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Indonesia Tourism Development Corporation (Itdc). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 231. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20122
Manora, H., Safitri, M., Janna, M., Lestari, A., Albar, E., Mahkota, S., Aulia, F., Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Lubuklinggau, S., Kunci, K., & Daya Manusia pada Guru, S. (2024). Upaya pengembangan sumber daya manusia pada guru pendidikan agama islam di SD Negeri Beliti Jaya. Jurnal Uluan: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 135–149.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667
Pala’langan, A. Y. (2021). Pengaruh servant leadership, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 223–231. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.38875
Putu, G., & Jana, A. (2018). Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Serja terhadap UD surya Raditya Negara [The Effect of Job Stress and Job Satisfaction on UD Surya Raditya Negara]. Jurnal Manajemen, 4(2), 154–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/bjm.v4i2.22015
Rahmasar, V. D., & Hastuti, R. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Dan Smk. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan, 16(1), 41–55. https://doi.org/10.24912/provitae.v16i1.23542
Saraswati, M. K., & Adi, E. A. W. (2022). Pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan analisis SWOT. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 4042–4052. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3086
Simanjuntak, J., Muhammad, F., Al Aqilah, M. R., Raihannah, N. A., & Bakti, H. S. G. P. (2024). Potensi Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai katalisator pemerataan ekonomi di Indonesia. Jurnalku, 4(3), 275–290. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v4i3.801
Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3), 174–179. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771
Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurlaili, Laili Komariyah, Widyatmike Gede Mulawarman, Atin Nuryadin, Chelda Yuliana, Rika Afriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.