Peningkatan kemampuan tes berbahasa Inggris mahasiswa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v3i2.2688Keywords:
tes bahasa inggris; mahasiswa; uwgm samarinda; tkbiAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini penting untuk dilaksanakan karena mahasiswa Indonesia wajib menguasai bahasa Inggris secara efektif. Mayoritas universitas di Indonesia mewajibkan mahasiswa mereka untuk lulus ujian bahasa Inggris dengan standar nilai tertentu, sebagai prasyarat kelulusan dan sebagai persiapan untuk menghadapi dunia kerja dan pendidikan tinggi. Berbagai jenis tes seperti IELTS, EAP, TAEP, TOEIC, dan TOEFL digunakan, dengan ciri khas dan tujuan yang berbeda-beda. Mengatasi masalah skor Tes Kemampuan bahasa Inggris (selanjutnya disebut TKBI) yang rendah di UWGM Samarinda, di mana sebagian besar mahasiswa berjuang dengan skor rata-rata 360 atau rendah, inisiatif ini bertujuan untuk menggalakkan ketertarikan dan pemahaman tentang TKBI. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mahasiswa, terutama dalam menghadapi TKBI. Pendekatan yang diambil melibatkan materi pendidikan tingkat dasar hingga menengah, serta penggunaan teknik kognitif dan metakognitif dalam belajar TOEFL. Harapan dari program ini adalah peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, khususnya dalam mencapai nilai TOEFL yang lebih baik. Ini akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan. Hasilnya diharapkan bisa membentuk generasi mahasiswa yang lebih terampil dalam bahasa Inggris, memberikan keunggulan dalam peluang karir dan pendidikan lebih lanjut.
References
Arbain, A., Taufik, A., Ngoc, T. T. N., & Nur, D. R. (2017). Basic English Drill. Andi Publisher. https://books.google.co.id/books?id=aLNF
Ekadini, L., & Rukmini, D. (2018). Cognitive and Structure-Proposition-Evaluation Strategies in Teaching TOEFL Reading Comprehension to High Low Motivated Students. 8(3), 308–316.
Krisnawati, N. L. P. (2019). Meningkatkan skill bahasa Inggris mahasiswa program studi sastra Inggris fakultas ilmu budaya melalui pembelajaran debat bahasa Inggris. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 44–54.
Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 338–341.
Rahimirad, M. (2014). The Impact of Metacognitive Strategy Instruction on the Listening Performance of University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1485–1491. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.569
Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 36–46.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Arbain Arbain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.