Peningkatan kemampuan tes berbahasa Inggris mahasiswa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Authors

  • Arbain Arbain (Scopus ID: 57209173392) Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v3i2.2688

Keywords:

tes bahasa inggris; mahasiswa; uwgm samarinda; tkbi

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini penting untuk dilaksanakan karena mahasiswa Indonesia wajib menguasai bahasa Inggris secara efektif. Mayoritas universitas di Indonesia mewajibkan mahasiswa mereka untuk lulus ujian bahasa Inggris dengan standar nilai tertentu, sebagai prasyarat kelulusan dan sebagai persiapan untuk menghadapi dunia kerja dan pendidikan tinggi. Berbagai jenis tes seperti IELTS, EAP, TAEP, TOEIC, dan TOEFL digunakan, dengan ciri khas dan tujuan yang berbeda-beda. Mengatasi masalah skor Tes Kemampuan bahasa Inggris (selanjutnya disebut TKBI) yang rendah di UWGM Samarinda, di mana sebagian besar mahasiswa berjuang dengan skor rata-rata 360 atau rendah, inisiatif ini bertujuan untuk menggalakkan ketertarikan dan pemahaman tentang TKBI. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mahasiswa, terutama dalam menghadapi TKBI. Pendekatan yang diambil melibatkan materi pendidikan tingkat dasar hingga menengah, serta penggunaan teknik kognitif dan metakognitif dalam belajar TOEFL. Harapan dari program ini adalah peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, khususnya dalam mencapai nilai TOEFL yang lebih baik. Ini akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan. Hasilnya diharapkan bisa membentuk generasi mahasiswa yang lebih terampil dalam bahasa Inggris, memberikan keunggulan dalam peluang karir dan pendidikan lebih lanjut.

Author Biography

Arbain Arbain, (Scopus ID: 57209173392) Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

SINTA ID: 5973323

Scopus ID: 57209173392

References

Arbain, A., Taufik, A., Ngoc, T. T. N., & Nur, D. R. (2017). Basic English Drill. Andi Publisher. https://books.google.co.id/books?id=aLNF

Ekadini, L., & Rukmini, D. (2018). Cognitive and Structure-Proposition-Evaluation Strategies in Teaching TOEFL Reading Comprehension to High Low Motivated Students. 8(3), 308–316.

Krisnawati, N. L. P. (2019). Meningkatkan skill bahasa Inggris mahasiswa program studi sastra Inggris fakultas ilmu budaya melalui pembelajaran debat bahasa Inggris. Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 44–54.

Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 338–341.

Rahimirad, M. (2014). The Impact of Metacognitive Strategy Instruction on the Listening Performance of University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1485–1491. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.569

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 36–46.

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Arbain, A. (2019). Peningkatan kemampuan tes berbahasa Inggris mahasiswa Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda . Jurnal Abdimas Mahakam, 3(2), 152–158. https://doi.org/10.24903/jam.v3i2.2688

Issue

Section

Articles