Respon Siswa SMAN 15 Surabaya terhadap Pelatihan Robot Line Tracer Berbasis Arduino

Authors

  • Nugrahani Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Muhimmatul Khoiro Universitas Negeri Surabaya
  • Dzulkiflih Dzulkiflih Universitas Negeri Surabaya
  • zainul arifin imam supardi Universitas Negeri Surabaya
  • Frida Ermawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2516

Keywords:

Robot line tracer, SMAN 15 Surabaya, PKM Fisika, Arduino

Abstract

Robotika merupakan salah satu media yang paling tepat untuk mengenalkan bidang teknologi kepada siswa SMA. Kegiatan pelatihan robotika dengan topik robot line tracer berbasis Arduino telah dilakukan oleh tim PKM prodi Fisika Unesa kepada siswa SMAN 15 Surabaya. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan robotika kepada para siswa, khususnya robot line tracer. Siswa SMAN 15 Surabaya sangat berminat terhadap pelatihan ini, yang dapat dilihat dari hasil pemetaan awal minat dan pengetahuan robot line tracer. Walau sebagian besar siswa belum pernah mempelajari robotika sebelumnya, mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 ini. Pelatihan dilakukan dalam 2 sesi, yaitu sesi pertama siswa diberikan pelatihan penulisan coding Arduino, sedangkan sesi kedua siswa diberikan pelatihan dan pengalaman dalam merakit robot line tracer, dan menjalankan robot menggunakan coding Arduino. Respon siswa sangat positif terhadap pelatihan yang mereka lalui, sebanyak 93,3% siswa merasa pelatihan robot line tracer sangat bermanfaat dan materi pelatihan sangat berguna dan menarik bagi mereka. Mereka juga lebih memahami prinsip kerja robot line tracer dan memperoleh gambaran yang jelas tentang pemrograman Arduino untuk aplikasi robotika.

References

Yantidewi, M., Dzulkiflih, Ermawati, F. U., dan Zainudin, A., 2022, “Pelatihan Dasar Robot Line Tracer Analog Bagi Siswa MAN 1 Jombang,” Jurnal Madaniya, vol. 3 no. 4, hal. 1029-1037.

Sambas, A., Mujianto, Gundara, G., dan Ula, S., 2019, “Pelatihan robotika berbasis Android untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas di SMP 11 Bandung,” MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, hal. 8-12.

Hozairi dan Kurdianto, A. A., 2019, “Peningkatan keterampilan siswa SMA/MA bidang Sains dan teknologi melalui pelatihan robotika berbasis mikrokontroler,” Community Development Journal, vol. 3, no. 1.

Prayudi, M. A., Sianturi, E. V. H., Rahmad, I. F., dan Ummi, K., 2014, “Perancangan robot line follower pemisah benda berdasarkan warna berbasis mikrokontroler ATMega 16,” Citec Journal, vol. 1, no. 3, hal. 183-193.

Novianto, M. A. dan Firman, B., 2021, “Pelatihan robot line follower analog bagi siswa SMK TKM Teknik Purworejo,” Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND, vol. 4, no.1.

Utomo, B., Setyaningsih, N. Y. D., dan Iqbal, M., 2020, “Kendali robot lengan 4 DOF berbasis Arduino Uno dan sensor MPU-6050,” Jurnal Simetris, vol. 11, no. 1.

Ginting, R. C., Ishak, dan Yakub, S., 2021, “Implementasi real time clock (RTC) pada robot line follower untuk vacuum cleaner berbasis Arduino,” Jurnal Teknisi, vol. 1, no. 1, hal. 8-12.

Stelian-Emilian Oltean, 2019, “Mobile robot platform with Arduino Uno and Raspberry Pi for Autonomous Navigation,” Procedia Manufacturing, vol. 32, p. 572-577.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Putri, N., Khoiro, M., Dzulkiflih, D., supardi, zainul arifin imam, & Ermawati, F. (2024). Respon Siswa SMAN 15 Surabaya terhadap Pelatihan Robot Line Tracer Berbasis Arduino. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 78–85. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2516

Issue

Section

Articles