Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Interaksi Film Sejarah Battle of Surabaya di SDN 010 Samboja
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2267Keywords:
pembelajaran, media, filmAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Balikpapan (UNIBA) bertujuan untuk memberikan proses kegiatan belajar yang menyenangkan di SD Negeri 010 Samboja Kelurahan Bukit Raya dengan media interaksi belajar menggunakan film sejarah berjudul Batle of Surabaya. Kegiatan PkM ini diikuti sebanyak 20 siswa kelas V SD Negeri 010 Samboja dengan pelaksana kegiatan yaitu tim PkM UNIBA yang terdiri dari 1 dosen dan 10 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari tahun 2023. Bentuk kegiatan ini adalah penayangan film Batle of Surabaya sebagai bentuk dari penyegaran proses belajar siswa yang monoton. Dampak dari kegiatan ini adalah siswa-siswa di SDN 010 Samboja memberikan sikap positif berupa antusias dalam belajar meningkat, minat dan motivasi belajar dikelas menjadi lebih baik, serta siswa memiliki keberanian melakukan diskusi dan tanya jawab terhadap pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dikelas. Perlu diketahui pula bahwa kegiatan mengajar yang efektif ini tidak hanya berpengaruh oleh pendidik dan kondisi siswa namun, pembelajaran yang efektif juga bisa terpengaruh oleh lingkungan dan fasilitas sarana prasarana yang ada disekolah juga
References
Afriani, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen Pada Siswa Kelas VII-C Melalui Model Pembelajaran Number Head Together Dan Talking Stick Serta Media Film Pendek Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2014/2015. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 10(2), 121–132. https://doi.org/10.26499/loa.v10i2.2047
Apriliany, L., & Hermiati, H. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 191–199. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861
Ashari, H., Joebagyo, H., & Isawati, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kesadaran Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Candi, 15(1), 12–25. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sejarah/article/view/12350
Budhiharti, T. W., & Hariyanto, F. (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206
Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta : PKM Dengan Konsep Service Learning. Pengabdian Masyarakat (Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan), 1(3), 1–11. https://doi.org/10.1234/jpm.v1i3.43.g58
Ridwan, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 144–153. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.747
Rini, S. (2018). Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Media Film Animasi Syamil dan Dodo Pada Siswa Kelas II MIN Demangan Kota Madiun. Dewantara, VI, 245–257. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/pembelajaran-akidah-akhlak-menggunakan-media-film-animasi-syamil-dan-dodo
Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1040/362
Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6–11. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5583
Wembali, R., Bahri, S., & Sastrawan, E. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Desa Doda Melalui Pembelajaran Tambahan Dan Pemutaran Film Edukasi. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 5(2), 264–271. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1129 Copyright©
Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132. https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ganjar Susilo, Nirvani Marianti, Vanessa Regina Vetryx, Habib Fajar Saputra, Nur Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.