Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Interaksi Film Sejarah Battle of Surabaya di SDN 010 Samboja

Authors

  • Ganjar Susilo Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan
  • Nirvani Marianti Universitas Balikpapan
  • Vanessa Regina Vetryx Universitas Balikpapan
  • Habib Fajar Saputra Universitas Balikpapan
  • Nur Hikmah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2267

Keywords:

pembelajaran, media, film

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Balikpapan (UNIBA) bertujuan untuk memberikan proses kegiatan belajar yang menyenangkan di SD Negeri 010 Samboja Kelurahan Bukit Raya dengan media interaksi belajar menggunakan film sejarah berjudul Batle of Surabaya. Kegiatan PkM ini diikuti sebanyak 20 siswa kelas V SD Negeri 010 Samboja dengan pelaksana kegiatan yaitu tim PkM UNIBA yang terdiri dari 1 dosen dan 10 mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari tahun 2023. Bentuk kegiatan ini adalah penayangan film Batle of Surabaya sebagai bentuk dari penyegaran proses belajar siswa yang monoton. Dampak dari kegiatan ini adalah siswa-siswa di SDN 010 Samboja memberikan sikap positif berupa antusias dalam belajar meningkat, minat dan motivasi belajar dikelas menjadi lebih baik, serta siswa memiliki keberanian melakukan diskusi dan tanya jawab terhadap pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dikelas. Perlu diketahui pula bahwa kegiatan mengajar yang efektif ini tidak hanya berpengaruh oleh pendidik dan kondisi siswa namun, pembelajaran yang efektif juga bisa terpengaruh oleh lingkungan dan fasilitas sarana prasarana yang ada disekolah juga

References

Afriani, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen Pada Siswa Kelas VII-C Melalui Model Pembelajaran Number Head Together Dan Talking Stick Serta Media Film Pendek Di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2014/2015. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 10(2), 121–132. https://doi.org/10.26499/loa.v10i2.2047

Apriliany, L., & Hermiati, H. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 191–199. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861

Ashari, H., Joebagyo, H., & Isawati, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kesadaran Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Candi, 15(1), 12–25. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sejarah/article/view/12350

Budhiharti, T. W., & Hariyanto, F. (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206

Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta : PKM Dengan Konsep Service Learning. Pengabdian Masyarakat (Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan), 1(3), 1–11. https://doi.org/10.1234/jpm.v1i3.43.g58

Ridwan, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 144–153. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.747

Rini, S. (2018). Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Media Film Animasi Syamil dan Dodo Pada Siswa Kelas II MIN Demangan Kota Madiun. Dewantara, VI, 245–257. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/pembelajaran-akidah-akhlak-menggunakan-media-film-animasi-syamil-dan-dodo

Setyawan, A., Azzahra, E. F., Astuti, I. T., Ica, I. E., Septyorini, E. A., & Susanti, S. D. (2020). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 238–243. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1040/362

Simanjuntak, H., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T., Sianturi, L., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. L., & Bangun, A. A. R. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6–11. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5583

Wembali, R., Bahri, S., & Sastrawan, E. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Desa Doda Melalui Pembelajaran Tambahan Dan Pemutaran Film Edukasi. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 5(2), 264–271. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i2.1129 Copyright©

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132. https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Susilo, G., Marianti, N., Regina Vetryx, V., Fajar Saputra, H., & Hikmah, N. (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Interaksi Film Sejarah Battle of Surabaya di SDN 010 Samboja. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(02), 170–178. https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2267

Issue

Section

Articles