Memberdayakan Literasi Digital dan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Bahan Ajar Berbasis Google Site dipadu PBL
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v9i01.3202Keywords:
Google Site, Keterampilan Berpikir Kreatif, Literasi Digital, PBLAbstract
Kemampuan literasi digital dan keterampilan berpikir kreatif merupakan bagian dari kecakapan abad ke-21 yang dilakukan melalui pembelajaran. kenyataan di Iapangan dari hasil observasi yang diIakukan pada SMPN 32 Samarinda ditemukan bahwa 100% guru biologi masih menggunakan Power Point dalam mengajar, kemudian siswa mendengarkan penjeIasan guru. Kemudian terdapat 80% guru belum pernah menggunakan websites dalam pembelajaran karena guru belum menguasai, belum mendalami, belum pernah membuat dan menganggap websites terlalu rumit dalam persiapannya Kemampuan berpikir kreatif siswa belum terlihat karena kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru bersifat monoton yang membuat siswa merasa jenuh dan tidak bersemangat. Berdampak pada usaha pengembangan kemampuan literasi digital dan kreatif siswa juga tidak terjadi. Tujuan kegiatan PKM agar guru-guru terampil menyusun bahan ajar melalui fasilitas google site, untuk setiap pembelajaran di kelas.Metode Pelaksanaan PKM yaitu seminar/penyuluhan. dengan memberikan informasi dari hasil penelitian dengan tema “ Memberdayakan Literasi Digital dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Bahan Ajar Berbasis Google Site”. Tempat pelaksanaan kegiatan PKM di SMP Negeri 32 Samarinda Pada sebanyak 20 orang guru-guru secara tatap muka. Penyampaian secara konsep menyusun bahan ajar berbasis google site, dilanjutkan dengan pemberian latihan/petunjuk cara praktis mendapatkan bahan ajar melalui google site secara sistematis oleh anggota tim PKM. Melihat keberhasilan pelaksanaa PKM dengan membagikan lembaran angket respon tanggapan guru-guru tentang hasil pelaksanaan kegiatan PKM. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa 1). Sebanyak 100% peserta yang mengikuti kegiatan seminar merespon positif pelaksanaan acara PKM yang telah mereka ikuti. 2). Melalui kegiatan pemberian contoh langkah-langkah bagaimana mencari bahan ajar melalui google site, 100% guru-guru merasa sangat terbantu karena pengetahuan mereka bertambah yang awalnya sebagian besar guru-guru enggan menggunakan internet untuk mencari materi/referensi yang akhirnya 100% guru-guru SMP Negeri 32 Samarinda bisa mengetahui dan sudah berhasil mempraktekkannya. Karena melalui kegiatan itu,nilai literasi digital berpikir kreatif guru terbentuk 3).100% guru-guru sebagai peserta dengan semangat/antusias mengikuti acara dari pendahuluan sampai akhir kegiatan tetap semangat. 4). 100% guru-guru bersedia untuk menggunakan aplikasi media pembelajaran google site pada siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Anggani Linggar Bharati, D. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa.
Anh, T. T. N., & Truong, N. N. (2023). Mobile E-Portfolios on Google Sites: A Tool for Enhancing Project-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(11), 15–33. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i11.39673
Banat, A., Wahyuni, E., Erwin, Hanim, S. A., & Mudinillah, A. (2024). Impact of Using Online Learning Platforms on Student Engagement. Journal Emerging Technologies in Education, 2(1).
Bulut Ates, C., & Aktamis, H. (2024). Investigating the effects of creative educational modules blended with Cognitive Research Trust (CoRT) techniques and Problem Based Learning (PBL) on students’ scientific creativity skills and perceptions in science education. Thinking Skills and Creativity, 51, 101471. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101471
Dantes, N. (2008). Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses dan Produk dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi. http://www.academia.edu/download/4 2921371/asesmen-otentik-krasem.doc
David, C. (2017). Mengembangkan Kreativitas. PT. Kanisius.
Drolia, M., Papadakis, S., Sifaki, E., & Kalogiannakis, M. (2022). Mobile Learning Applications for Refugees: A Systematic Literature Review. In Education Sciences (Vol. 12, Issue 2). MDPI. https://doi.org/10.3390/educsci12020096
Foo, C. chung, Cheung, B., & Chu, K. man. (2021). A comparative study regarding distance learning and the conventional face-to-face approach conducted problem-based learning tutorial during the COVID-19 pandemic. BMC Medical Education, 21(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02575-1
Giunta, B., Burnay, C., Maiden, N., & Faulkner, S. (2022). Creativity Triggers: Extension and empirical evaluation of their effectiveness during requirements elicitation. Journal of Systems and Software, 191. https://doi.org/10.1016/j.jss.2022.111365
Harsanto, B. (2021, November 11). Google Sites: Pengertian, Kelebihan, Manfaat, serta Cara Penggunaanya. Kumparan.
Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, 1(1).
Karlina, D. M., Tenri Pada*, A. U., Khairil, K., Artika, W., & Abdullah, A. (2021). Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 139–150. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18135
Liou, Y.-H. H. (2011). Using Google Sites to Communicate with Parents: A Case Study. Language Testing in Asia, 1(2), 68. https://doi.org/10.1186/2229-0443-1-2-68
Makmur, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech, 1(1).
Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Mulyaningsih, T., Hendratno, H., & Subrata, H. (2023). Literature Review: Development of Google Sites – Based Multimedia to Improve Elementary School Students’ Reading Literacy. International Journal of Emerging Research and Review, 1(4), 000045. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v1i4.45
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nugroho, C., & Nasionalita, K. (2020). Digital Literacy Index of Teenagers in Indonesia. Journal Pekommas, 5(2), 215. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050210
Sinaga, P., Setiawan, W., & liana, M. (2022). The impact of electronic interactive teaching materials (EITMs) in e-learning on junior high school students’ critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 46. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101066
Sobach, N. V., Marpaung, R. R. T., Maulina, D., & Yolida, B. (2023). The effect of project-based learning model assisted by interactive digital modules on scientific literacy in biotechnology topic in in 9th grade of junior high school. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 6(2), 133–140. https://doi.org/10.17509/aijbe.v6i2.61482
Thuan, P. D., & Hanh, N. T. H. (2023). University Students’ Perceptions of Google Tools in Learning English Courses Online. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 18(13), 45–61. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i13.39857
Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78
Yani, Y. P., Hardeli, H., Oktavia, B., & Kurniawati, D. (2020). Development of an Integrated E-Module of Scientific Literacy and Video Demonstration Using a Problem-Based Learning Model for High School Students on Acids and Bases. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 452–462. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1306
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsje Theodora Maasawet, Rikadiantiash, Dewinda Widyawati, Kolow, Jullya Christin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.