TEORI NEW PUBLIC MANAGEMENT: EVALUASI DAN TANTANGAN DALAM KONTEKS PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Ridwan Kurnia Rahim Rahim Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Adnan Universitas Negeri Padang

Keywords:

New Public Management (NPM), Evaluasi Administrasi Public, Efisiensi Pelayanan Publik, Selected:New Public Management (NPM), Evaluasi Administrasi Public, Efisiensi Pelayanan Publik

Abstract

Teori New Public Management (NPM) telah menjadi paradigma yang mendominasi transformasi administrasi publik dalam beberapa dekade terakhir. Tujuan Penelitian ini untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap konsep NPM dan mengeksplorasi tantangan yang muncul dalam implementasinya, khususnya dalam konteks pelayanan publik. Evaluasi terhadap teori NPM mencakup analisis keberhasilannya dalam meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan keterlibatan sektor swasta dalam layanan publik. Sementara NPM telah membawa perubahan positif, beberapa kritik muncul terkait dampaknya terhadap keadilan sosial, keberlanjutan, dan kepuasan masyarakat. Ada beberapa hal tantangan praktis yang dihadapi oleh organisasi yang menerapkan prinsip NPM, seperti resistensi internal, perubahan budaya organisasi, dan kompleksitas pengukuran kinerja. Pemahaman mendalam terhadap tantangan ini menjadi kunci untuk mengatasi hambatan dalam mencapai tujuan NPM tanpa mengorbankan aspek-aspek penting dari pelayanan publik. Dengan merinci evaluasi dan tantangan, dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif terhadap dinamika NPM dalam administrasi publik. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi bagi diskusi tentang evolusi administrasi publik dan pengembangan model yang lebih inklusif dan berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

References

Bovaird, T., & Loeffler, E. (2015). Public Management and Governance. London: Routledge.

Haque, S. (2007). Revisiting the New Public Management. Public Administration Review, 67(1), 179 - 182.

Heyer, G. d. (2011). New public management: A strategy for democratic police reform in transitioning and developing countries. Policing an International Journal of Police Strategies and Management, 34(3), 419-433.

Hood, C. (1991). A Public Management for All Seasons? Public Administration, 69, 3-19.

Lynn, L. E. (2006). Public Management: Old and New. London: Routledge.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan: Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Philip, D., & Daganda, A. T. (2013). New Public Management (NPM) and Public Sector Administration in Nigeria. International Affairs and Global Strategy, 14, 9-15.

Pollitt, C., & Geert, B. (2000). Public Management Reform: A Comparative Analysis. New York: Oxford University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahim, R. K. R., & Adnan, M. F. A. (2023). TEORI NEW PUBLIC MANAGEMENT: EVALUASI DAN TANTANGAN DALAM KONTEKS PELAYANAN PUBLIK. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(2), 1–14. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2628

Issue

Section

Articles