DINAMIKA TEORI BIROKRASI DAN TRANSFORMASI ORGANISASI PUBLIK

Authors

  • Kennywan Leo Arischa Arischa Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Adnan Universitas Negeri Padang

Keywords:

Dinamika, Teori Birokrasi, Transformasi Organisasi Publik

Abstract

Dinamika teori birokrasi dan transformasi organisasi publik merupakan subjek utama dalam konteks administrasi publik modern. Teori birokrasi, yang dikembangkan oleh Max Weber, menyajikan kerangka kerja untuk pemahaman struktur organisasi yang teratur dan berdasarkan aturan. Namun, dalam era perubahan konstan dan kompleksitas global, organisasi publik dituntut untuk beradaptasi dan bertransformasi. Studi ini membahas evolusi teori birokrasi dari perspektif historis dan menyoroti tantangan dan kritik yang dihadapi dalam konteks transformasi organisasi publik. Transformasi ini melibatkan pergeseran paradigma dari model birokratis tradisional ke bentuk organisasi yang lebih responsif, inovatif, dan berorientasi pada hasil. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong atau menghambat transformasi organisasi publik, seperti perubahan kebijakan, teknologi informasi, partisipasi masyarakat, dan kepemimpinan. Selain itu, disoroti pula strategi implementasi yang efektif untuk mencapai transformasi yang berhasil. Melalui pendekatan analisis literatur dan studi kasus, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teori birokrasi dapat diintegrasikan dengan konsep transformasi organisasi untuk menciptakan lingkungan yang lebih adaptif dan efisien di sektor publik. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pembuat kebijakan, manajer organisasi publik, dan peneliti untuk menghadapi tantangan dalam merancang dan melaksanakan transformasi organisasi dengan sukses.

References

Albrow, M. 1970. Bureaucracy: Key Concept in Political Science. Mall Press Ltd, London.

Bendix, R. 1977. Bureaucracy: International Encyclopedia of the Social Sciences. Free Press, New York.

Blau, P. M. & Page, C. H. 1956. Bureaucracy in Modern Society. Random House, New York.

Buchori, M. 1982. Pola Tingkah Laku Birokrasi Sebagai Akibat Pengaruh Kebudayaan. Prisma Nomor 6 Tahun XI : 70 – 84.

Dwijowijoto, R. N. 2004. Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Handayani, P. & Setiawan, Z. A. 2005. Materi Pokok, Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Departemen Keuangan, Jakarta.

Harian Kompas. 2006. Korupsi Sudah Menjadi Kebiasaan: Birokrasi Patrimonial Sumber Masalah. Edisi, Selasa, 21 November 2006, Halaman 13).

Ismani, H. P. 2001. Etika Birokrasi. Jurnal Administrasi Negara Volume II Nomor 1. Garvey, G. 1993. Facing The Bureaucracy: Living & Dying in a Public Agency. Jossey-Bass Publisher, San Fransisco.

Prasojo, E. 2006. Reformasi Birokrasi di Indonesia: Beberapa Catatan Kritis. Makalah Seminar, Jakarta.

Thoha, M. 2002. Problematika Birokrasi Pemerintah. Makalah Diskusi pada Badan Kepegawaian Negara, Jakarta.

Tilaar, H. A. R. 2004. Strategi Peningkatan Kinerja SDM melalui Pusdiklat untuk Mewujudkan Good Governance. Jurnal Pendidikan Penabur Nomor 2 Tahun III : 118 - 129.

Tjokroamidjojo, B. 1984. Pengantar Administrasi Pembangunan. Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi Sosial, Jakarta.

Tjondronegoro, S. M. P. 2003. Sejarah Pertumbuhan Birokrasi di Masyarakat. Makalah Seminar, Jakarta.

Utomo, T. W. W. 2005. Beberapa Evaluasi Kritis tentang Fungsi Kesejahteraan dan Fungsi Pelayanan Birokrasi. Makalah Seminar, Jakarta.

Watloly, A. 2001. Tanggung Jawab Pengetahuan: Mempertimbangkan Epistemologi secara Kultural. Kanisius, Yogyakarta.

Weber, M. 1946. The Theory of Social and Economic Organization. Ed. and Trans A. M. Henderson and Talcott P. Macmillan, New York.

Wilson, J. Q. 1989. Bureaucracy: What Government Agencies Do and Why They Do It. Basic Books, USA.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Arischa, K. L. A., & Adnan , M. F. A. (2023). DINAMIKA TEORI BIROKRASI DAN TRANSFORMASI ORGANISASI PUBLIK. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(2), 1–15. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2626

Issue

Section

Articles