IMPLEMENTASI TEORI GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA ADMINISTRASI PUBLIK

Authors

  • Dana Mulanda Mulanda Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Adnan Universitas Negeri Padang

Keywords:

Good Governance, Kinerja, Administrasi Publik, Selected:Good Governance, Kinerja, Administrasi Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi teori Good Governance dalam meningkatkan kinerja administrasi publik. Good Governance dianggap sebagai kerangka kerja yang esensial untuk mencapai tata kelola yang efektif, transparan, dan akuntabel dalam administrasi publik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan studi literatur untuk mengevaluasi konsep Good Governance dan menerapkannya dalam konteks administrasi publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Good Governance dalam administrasi publik melibatkan beberapa aspek kunci, termasuk partisipasi masyarakat, akuntabilitas, transparansi, aturan hukum, dan efisiensi. Upaya untuk meningkatkan kinerja administrasi publik harus didasarkan pada prinsip-prinsip Good Governance ini. Keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, pemantauan pelaksanaan kebijakan, dan pertanggungjawaban pemerintah menjadi kunci untuk mencapai Good Governance. Selain itu, perlunya memperkuat kapasitas dan integritas lembaga-lembaga administrasi publik sebagai bagian dari implementasi Good Governance. Sistem manajemen yang efektif, pengembangan sumber daya manusia, dan penerapan teknologi informasi dapat mendukung pencapaian tujuan Good Governance dalam meningkatkan kinerja administrasi publik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pemahaman tentang pentingnya mengintegrasikan teori Good Governance dalam konteks administrasi publik. Implikasi praktisnya adalah bahwa penerapan Good Governance dapat menjadi landasan untuk perbaikan sistem administrasi publik yang lebih responsif, akuntabel, dan berorientasi pada pelayanan masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pembuat kebijakan dan praktisi administrasi publik dalam mengoptimalkan kinerja sistem administrasi publik melalui penerapan prinsip-prinsip Good Governance.

References

Cahyadi, Arif. 2017. “Penerapan Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk Berbasis Good Governance Di Kecamatan Sukolilo Surabaya).” JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik 3(2).

Donald. 1984. “Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator Dan Implementasinya.” Book: 22. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf.

Jamal, Yenni, Ahmad Mustanir, and Adam Latif. 2020. “Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Aparatur Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa CiroCiroe Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang.” PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan 8(3): 207–12.

Maryam, Neneng Siti. 2018. “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi VI(1): 1–18.

Mustanir, Ahmad, and Darmiah Darmiah. 2018. “Implementasi Kebijakan Dana Desa Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang.” Jurnal Politik Profetik 4(2): 225–38. http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jpp/article/view/2749%0Ahttp://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jpp/issue/view/457.

Mustanir, Ahmad, and Irfan Jaya. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Politik Terhadap Perilaku Pemilih Towani Tolotang Di Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang.” Jurnal Politik Profetik 4(1): 84– 97. http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jpp/article/view/2741#%0Ahttp://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/jpp/issue/view/430.

Mustanir, Ahmad, and Jusman. 2018. “Implementasi Kebijakan Dan Efektivitas Pengelolaan Terhadap Penerimaan Retribusi Di Pasar Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang.” Jurnal Ilmiah Akmen 13(3): 542–58. https://e-jurnal.stienobelindonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/69%0Ahttps://e-jurnal.stienobelindonesia.ac.id/index.php/akmen/issue/view/6.

Mustanir, Ahmad, Adam Latif, and Irwan Irwan. 2019. “Analisis Kepemimpinan Terhadap Optimalisasi Masyarakat Pada Perencanaan Pembangunan Di Enrekang.” Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik (JAKPP) 5(2): 1– 20. journal.unhas.ac.id/index.php/jakpp.

Nurimansyah, Muwaffiq, R Misriah Ariyani, Sulawesi Selatan, and Jawa Barat. 2020. “Implementasi Good Governance Dalam.” 2(2): 114–27.

Sulaeman, Zhilviana, Ahmad Mustanir, and Andi Ilham Muchtar. 2019. “Partisipasi Masyarakat Terhadap Perwujudan Good Governance Di Desa Damai Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang.” PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan 7(3): 88–92.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mulanda , D. M., & Adnan , M. F. A. (2023). IMPLEMENTASI TEORI GOOD GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA ADMINISTRASI PUBLIK. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(2), 1–13. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2627

Issue

Section

Articles