PEMAPARAN EPISTEMOLOGI ILMU DALAM PARADIGMA POSITIVISME DAN POST-POSITIVISME

Authors

  • Ridwan Kurnia Rahim Rahim Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Keywords:

Positivisme, Post-positivisme, Filsafat ilmu

Abstract

Paradigma ilmu pengetahuan berpengaruh terhadap perkembangan ilmu dan kemajuan peradaban manusia saat ini. Dalam proses tersebut, filsafat dan metodelogi penelitian memiliki peran penting bukan hanya dalam membentuk ilmu pengetahuan. Eksestensi ilmu pengetahuan melalui pandangan filsafat adalah menempatkan ilmu pengetahuan secara jujur dan obyektif. Tujuan dari artikel ini adalah sebagai konsep dalam mendeskripsikan perkembangan filsafat dan bukan oleh ilmu itu sendiri dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Metode yang di gunakan dalam artikel ini adalah metode kajian pustaka.  Data yang di gunakan berupa data sekunder yang berupa hasil-hasil pemikiran yang tertuang dalam buku dan jurnal baik yang nasional maupun terakreditas yang memuat topik tentang filsafat, positivisme dan post positivitisme. Hasil dalam artikel ini akan mengupas isi dari pemaparan filsafat ilmu dalam paradigma penyamarataan ilmu-ilmu manusia dengan ilmu-ilmu alam (POSITIVISME) dan pemikiran yang menggugat asumsi dan kebenaran-kebenaran (POST-POSITIVISME).

References

Dysmala, Emma. 2013. “Kritik Terhadap Paradigma Positivisme.” Jurnal Wawasan Yuridika 28(1):622–33.

Irawati, Dini, Nanat Fatah Natsir, and Erni Haryanti. 2021. “Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, Dan Konstruktivisme Dalam Perspektif ‘Epistemologi Islam.’” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(8):870–80. doi: 10.54371/jiip.v4i8.358.

Lubis, Agus Salim. 2014. “A . Pendahuluan Dalam Abad Modern Sekarang Ini , Ilmu Pengetahuan Mengalami Kemajuan Yang Sangat Pesat , Sehingga Seolah-Olah Telah Mencapai Puncak Kemajuannya . Penemuan Demi Penemuan Telah Bermunculan , Yang Semuanya Dalam Rangka Untuk Kebaikan Kehidupa.” Hermeunetik 8(1):39–56.

Sundaro, Hendrianto. 2022. “Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian.” Modul 22(1):21–30. doi: 10.14710/mdl.22.1.2022.21-30.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Rahim, R. K. R., Fitrisia, A., & Ofianto. (2023). PEMAPARAN EPISTEMOLOGI ILMU DALAM PARADIGMA POSITIVISME DAN POST-POSITIVISME. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 419–428. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2241

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)