KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI ILMU PENGETAHUAN

Authors

  • Ashilah Puti Salsabila Arfi Ashilah Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Keywords:

Ilmu Pengetahuan, Filsafat Ilmu, Episteologi

Abstract

Keseluruhan topik artikel ini adalah perkembangan konstruksi epistemologi sains dan filsafat sains. Karena filsafat ilmu selalu menjadi tolak ukur perkembangan ilmu pengetahuan, maka terdapat keterkaitan yang erat antara keduanya. Landasan konstruksi epistemologis ilmu yang berkembang adalah filsafat ilmu. Sebagian dari perbaikan epistemologi sains tidak dapat dipisahkan dari landasan maju cara berpikir sains. Substansi sains masa kini tidak dapat dipisahkan dari dasar penalaran sains. Perspektif lain yang mengikat sains adalah otentisitas dan visi yang didukung kuat oleh kemajuan perkembangan epistemologis sains dalam peradaban saat ini seperti saat ini. Selain itu, ada metode kualitatif yang memanfaatkan studi kepustakaan. Metode ini melibatkan pemeriksaan sumber teks yang berhubungan dengan kajian yang sedang dibahas. Selain itu, penelitian dokumen juga digunakan dalam penelitian ini. Selain itu, ada metode analisis yang digunakan, yaitu metode pendokumentasian penelitian atas hasil penelitian terdahulu yang dikaitkan dengan filsafat ilmu. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat buku-buku pelajaran, buku harian logis yang didistribusikan di Google Researcher, perpustakaan terkomputerisasi, dan bibliotek. Eksplorasi ini sangat penting untuk dicoba mengingat cara berpikir sains adalah induk dari pengembangan sains yang ada.

References

Ahmad Hanafi, 1990, Pengantar Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta.

Ahmad Tafsir, 2007, Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, Rosda, Bandung.

Amsal Bakhtiar, 2004, Filsafat ilmu, RadjaGrafindo, Jakarta.

Herman Soewardi, 2004, Roda berputar, Dunia Bergulir: Kognisi Baru tentang Timbul Tenggelamnya Sivilisasi, Bakti Mandiri, Bandung.

Jujun S. Suriasumantri, 2005, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Mahdi Ghulsyani, 1994, Filsafat-Sains Menurut Al-Quran, diterjemahkan Agus Effendi, Mizan, Bandung.

Sannprayogi, M., dan Chaer, M.T. (2017). Aksiologi Filsafat Ilmu dan Pengembangan Keilmuan. Al Murabbi. 4 (1), 105-120.

Soelaiman, D.A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat dan Islam. Aceh: Penerbit Bandar Publishing

Noeng Muhajir, 2006, Filsafat ilmu Kualitatif dan Kuantitatif untuk Pengembangan Ilmu dan Penelitian, Rake Sarasin, Yogyakarta.

Sutardjo A. Wiramihardja, 2009, Pengantar Filsafat: Sistematika dan Sejarah Filsafat Logika dan Filsafat ilmu (Epistemologi) Metafisika dan Filsafat Manusia Aksiologi, Refika Aditama, Bandung.

The Liang Gie, 2007, Pengantar Filsafat Ilmu, Liberty, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Ashilah, A. P. S. A., Fitrisia, A., & Ofianto. (2023). KONSTRUKSI EPISTEMOLOGI ILMU PENGETAHUAN. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 464–472. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2250

Issue

Section

Articles