Ilmu Pengetahuan dan Etika

Authors

  • Kennywan Leo Arischa Kennywan Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Keywords:

Science, Ethics, Morals, Culture

Abstract

Ilmu menempati posisi tertinggi dalam kebudayaan umat manusia. Penguasaan ilmu pengetahuan dapat menunjukkan status dan prestise suatu bangsa. Melalui nalar manusia, ilmu pengetahuan telah mengubah pola kebudayaan tradisional menjadi modern. Perkembangan ilmu pengetahuan perlu diiringi dengan moral dan etika, agar kemajuan ilmu pengetahuan tidak berdampak buruk bagi manusia dan kemanusiaan. Moral diharapkan dapat menjadi acuan perbuatan manusia melalui penilaian kebenaran suatu tindakan. Moral tersebut dapat diukur dalam suatu sistem nilai berupa nilai dan norma yang mengatur manusia dalam berbuat dan bertingkah, yang disebut etika. Ilmu dan etika tidak dapat dipisahkan dari kelompok orang yang berilmu (ilmuwan), agar dapat mengemban tanggung jawabnya dalam meningkatkan kesejahteraan manusia serta menerapkan penemuannya untuk keperluan umat manusia, mengungkapkan suatu kebenaran ilmu dan dampaknya, serta untuk mengembangkan kebudayaan dalam negeri. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna ilmu pengetahuan, etika, dan tanggung jawab ilmuwan. Artikel ini ditulis dengan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan.

References

Alder, J and David, W. 1999. Environmental Law and Ethics. London: Red Globe Press London.

Buseri, K. 2014. Ilmu, Ilmuwan, dan Etika Ilmiah. Albanjari: 225-242.

Chowdhury, M. 2016. Emphasizing Morals, Values, Ethics, And Character Education In Science Education And Science Teaching. The Malaysian Online Journal of Educational Science 4(2): 1-16.

Land, F. Urooj, A. Melissa N. 2007. The Ethics of Knowledge Management. International Jurnal of Knowledge Management. 3(1):1-9.

Suaedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press.

Surajiyo. 2016. Tanggung Jawab Moral dan Sosial Ilmuwan: Sikap Ilmiah Ilmuwan di Indonesia. Comnews: 414-424.

Schleinkofe, J. 2015. The Pragmatist Method Ethics, Knowledge, and Rule-Following A Pragmatist View. European Journal of Pragmatism and American Philosophy, 8(1):1-13.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Kennywan, K. L. A., Fitrisia, A., & Ofianto. (2023). Ilmu Pengetahuan dan Etika. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 454–462. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2245

Issue

Section

Articles