PENGGUNAAN METODE PLS DALAM MENGANALISIS DATA PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

Authors

  • Dana Mulanda Mulanda Universitas Negeri Padang
  • Azmi Fitrisia Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Keywords:

Metode, Pelayanan Publik, Smart-PLS

Abstract

Kemampuan dalam pengelolaan data akan menghasilkan karya penelitian yang ilmiah yang baik. Aplikasi saat ini yang digunakan dalam pengelolaan data kuantitatif adalah dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS 3.3.3 Aplikasi Smart-PLS 3.3.3 merupakan aplikasi yang ringan dan tidak membutuhkan banyak RAM yang digunakan. Tujuan dari di gunakannya aplikasi ini sebagai salah satu metode yang memudahkan seseorang dalam melakukan pengolahan data kuantitatif. Penggunaan metode PLS ini di terapkan pada semua skala data yang tidak menggunakan banyak asumsi. Selain dapat di jadikan sebagai media pengolahan data aplikasi ini juga dapat di gunakan sebagai konfirmasi teori juga yang dapat membangun hubungan yang belum ada landasan teorinya atau untuk pengujian proposisi. Penggunaan metode PLS dalam menganalisis data persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik akan mempermudahkan dalam pengurutan data di lapangan dan dengan menggunaan metode ini teori-teori yang disertakan akan terkonfirmasi hubungannya. Metode yang di gunakan dalam artikel ini adalah metode kajian pustaka. Data yang di gunakan berupa data sekunder yang terdiri dari buku dan jurnal yang di gunakan untuk bahan acuan. Hasil penelitian dengan metode PLS ini adalah untuk mengetahui data kuantitatif terhadap perspektif masyarakat terkait pelayanan publik.

References

Budiyono, 2004, Statistika Untuk Penelitian, Surakarta: Sebelas Maret University Press

Dr. Duryadi, M. S. 2021. Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis Dan Analisis Smartpls.

Ferdinand, Augusty, Metode Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2014

Prof. Dr. Sugiyono.2022.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Astuti Niken Probondani, and Bakri Rizal. 2021. “CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi Smart-PLS 3 Secara Online Di Masa Pandemik Covid 19.” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4:613–19.

Hasyim, Maylita, and Tomi Listiawan. 2014. “Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru.” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2(1):28–35.

Mulyadi, Mohammad. 2019. “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them].” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15(1):128–38.

Lenni Khotimah Harahap. 2020. Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SmartPLS (Partial Least Square). Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Yuliawan, K. 2021. Pelatihan SmartPLS 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI 5 (1).

Setiaman, Sobur. 2020. Tutorial Analisa Parsial Model Persamaan Struktural dengan Software SMART-PLS Versi 3.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Mulanda, D. M., Fitrisia, A., & Ofianto. (2023). PENGGUNAAN METODE PLS DALAM MENGANALISIS DATA PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 429–442. Retrieved from https://journal.uwgm.ac.id/fisipublik/article/view/2243

Issue

Section

Articles