Pengenalan Potensi Bisnis Digital bagi Siswa Yayasan Asyifa Baturaja

Authors

  • Angga Gultom Universitas Baturaja
  • Alima Shofia Universitas Adzkia
  • Yudi Tusri Universitas Prabumulih
  • Nourma Wulanda Universitas Baturaja
  • Mailani Rabiulkhri Universitas Baturaja
  • Rani Anwar Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2543

Keywords:

Potensi,Bisnis Digital; Yayasan Asyifa

Abstract

Abstrak

Program pengabdian pengenalan potensi bisnis digital ini dilaksanakan selama periode masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama), dengan metode pendekatan berbasis partisipatif dan edukatif untuk melibatkan siswa secara aktif dalam memahami konsep bisnis digital. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa siswa-siswa Yayasan Asyifa Baturaja memiliki antusiasme tinggi terhadap pengenalan bisnis digital serta memahami konsep-konsep dasar penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran digital. Beberapa siswa bahkan mulai merencanakan dan mengembangkan usaha kecil berbasis online, Program ini juga berperan dalam menginspirasi siswa untuk menjadi wirausaha mandiri dan berkontribusi positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat di sekitar mereka.

Kata Kunci: Potensi, Bisnis Digital; Yayasan Asyifa

References

DataBoks. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. In DataBoks.

Dihni, V. A. (2021). Penjualan E-commerce Indonesia Diproyeksi Paling Besar di Asia Tenggara pada 2021. KataData.

Gani, A. G. (2020). SEJARAH dan PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA. Jurnal Mitra Manajemen.

Gusti, C. A. (2023). TikTok Takes Over: Utilizing Live TikTok and TikTok Shop for Business Promotion. International Journal of Ethnoscience ….

Kristanto, T., Rahmawati, D., Endah Wahyuni, A., Nasrullah, M., Arindra Fadillah, R., & Amalia, A. (2023). Pelatihan Peningkatan Branding dan Optimalisasi Pemasaran Produk Lokal Menuju Produk Internasional pada UKM Nasi Tiwul SBR Malang. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.34148/komatika.v3i1.618

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1). https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619

Rahman, A., Nugroho, A. B., & ... (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm. … Kepada …, 1(2).

Voutama, A., & Novalia, E. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Ide Peluang Bisnis di Era Revolusi 4.0. Jurnal Bidang …, 1(1).

Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Katadata.Co.Id.

Wijaya, N. Q., Ainun, M. B., & Arfiyanto, D. (2023). PENINGKATAN KESADARAN GENERASI MUDA AKAN PENTINGNYA BISNIS DIGITAL DI ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian, 6(1).

Zuhdi, K. N., M, H. B., Aprilia, N. F., Dionchi, P. H. P., & Yuniar, A. D. (2021). Praktik masyarakat konsumsi online dalam perspektif Baudrillard. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6). https://doi.org/10.17977/um063v1i6p681-687

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Gultom, A., Shofia, A., Tusri , Y., Wulanda, N., Rabiulkhri, M., & Anwar, R. (2024). Pengenalan Potensi Bisnis Digital bagi Siswa Yayasan Asyifa Baturaja . Jurnal Abdimas Mahakam, 8(01), 112–119. https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2543

Issue

Section

Articles