Pengenalan Potensi Bisnis Digital bagi Siswa Yayasan Asyifa Baturaja
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v8i01.2543Keywords:
Potensi,Bisnis Digital; Yayasan AsyifaAbstract
Abstrak
Program pengabdian pengenalan potensi bisnis digital ini dilaksanakan selama periode masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama), dengan metode pendekatan berbasis partisipatif dan edukatif untuk melibatkan siswa secara aktif dalam memahami konsep bisnis digital. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa siswa-siswa Yayasan Asyifa Baturaja memiliki antusiasme tinggi terhadap pengenalan bisnis digital serta memahami konsep-konsep dasar penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran digital. Beberapa siswa bahkan mulai merencanakan dan mengembangkan usaha kecil berbasis online, Program ini juga berperan dalam menginspirasi siswa untuk menjadi wirausaha mandiri dan berkontribusi positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat di sekitar mereka.
Kata Kunci: Potensi, Bisnis Digital; Yayasan Asyifa
References
DataBoks. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. In DataBoks.
Dihni, V. A. (2021). Penjualan E-commerce Indonesia Diproyeksi Paling Besar di Asia Tenggara pada 2021. KataData.
Gani, A. G. (2020). SEJARAH dan PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA. Jurnal Mitra Manajemen.
Gusti, C. A. (2023). TikTok Takes Over: Utilizing Live TikTok and TikTok Shop for Business Promotion. International Journal of Ethnoscience ….
Kristanto, T., Rahmawati, D., Endah Wahyuni, A., Nasrullah, M., Arindra Fadillah, R., & Amalia, A. (2023). Pelatihan Peningkatan Branding dan Optimalisasi Pemasaran Produk Lokal Menuju Produk Internasional pada UKM Nasi Tiwul SBR Malang. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.34148/komatika.v3i1.618
Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1). https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619
Rahman, A., Nugroho, A. B., & ... (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Daya Saing Umkm. … Kepada …, 1(2).
Voutama, A., & Novalia, E. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Ide Peluang Bisnis di Era Revolusi 4.0. Jurnal Bidang …, 1(1).
Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-Commerce Tercepat di Dunia. Katadata.Co.Id.
Wijaya, N. Q., Ainun, M. B., & Arfiyanto, D. (2023). PENINGKATAN KESADARAN GENERASI MUDA AKAN PENTINGNYA BISNIS DIGITAL DI ERA DIGITAL. Jurnal Pengabdian, 6(1).
Zuhdi, K. N., M, H. B., Aprilia, N. F., Dionchi, P. H. P., & Yuniar, A. D. (2021). Praktik masyarakat konsumsi online dalam perspektif Baudrillard. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6). https://doi.org/10.17977/um063v1i6p681-687
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 angga gultom, Alima Shofia, Yudi Tusri , Nourma Wulanda, Mailani Rabiulkhri, Rani Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.