Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru
DOI:
https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2291Keywords:
Media Sosial, Promosi Sekolah, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), PelatihanAbstract
Pemanfaatan media sosial sebagai promosi sekolah sangat penting untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, terutama dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Namun, pemanfaatan teknologi belum optimal karena kurangnya sumber daya guru dan pegawai yang bisa menjadi pengelola media sosial. Sekolah masih mengandalkan metode promosi tradisional seperti membagikan brosur di sekitar rumah dan sekolah. Siapa yang belum mencapai target PPDB? Tim PKM dari Prodi D3 Sistem Informasi Telkom University membantu dengan memberikan pelatihan di SMK Plus Al-Aitaam Bandung pada tanggal 12 Juni 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta siswa dan guru, dibantu oleh dua orang dosen dan sembilan siswa. Materi pelatihan ini meliputi optimalisasi media sosial, games, dan role playing. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta menilai optimalisasi dan promosi media sosial untuk menjawab kebutuhan mereka dan membantu sekolah menyebarluaskan profil dan prestasi sekolah, menjaring calon siswa baru, dan mencapai target PPDB SMK Plus Al-Aitaam Bandung.
References
Abrori, S. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 126-145.
Berthon, P. R., Pitt, L. F., Plangger, K., & Shapiro, D. (2012). Marketing meets Web 2.0, social media, and creative consumers: Implications for international marketing strategy. Business horizons, 55(3), 261-271.
Puspitarini, D., & Nuraeni, A. (2019). Utilization of Social Media in Marketing Communication in a Vocational School. Proceeding of the International Conference on Education for Sustainable Development, 1(1), 108-111.
Syafitri, D., & Costaner, A. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi dan Pemasaran Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 157-169.
Tius, F. L., & Margareta, A. (2018). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pencapaian Target Siswa Baru di SMP Ksatrian Bogor. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 52-58.
Urmila, A. F., Kurniawan, T., & Ridwan, R. (2018). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen Produk Wardah di Pekanbaru). Jurnal Manajemen, 5(3), 1-11.
We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2022: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pikir Wisnu Wijayanto, Mutia Qana'a
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.