Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru

Authors

  • Pikir Wisnu Wijayanto Telkom University
  • Mutia Qana'a Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2291

Keywords:

Media Sosial, Promosi Sekolah, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Pelatihan

Abstract

Pemanfaatan media sosial sebagai promosi sekolah sangat penting untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, terutama dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Namun, pemanfaatan teknologi belum optimal karena kurangnya sumber daya guru dan pegawai yang bisa menjadi pengelola media sosial. Sekolah masih mengandalkan metode promosi tradisional seperti membagikan brosur di sekitar rumah dan sekolah. Siapa yang belum mencapai target PPDB? Tim PKM dari Prodi D3 Sistem Informasi Telkom University membantu dengan memberikan pelatihan di SMK Plus Al-Aitaam Bandung pada tanggal 12 Juni 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta siswa dan guru, dibantu oleh dua orang dosen dan sembilan siswa. Materi pelatihan ini meliputi optimalisasi media sosial, games, dan role playing. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta menilai optimalisasi dan promosi media sosial untuk menjawab kebutuhan mereka dan membantu sekolah menyebarluaskan profil dan prestasi sekolah, menjaring calon siswa baru, dan mencapai target PPDB SMK Plus Al-Aitaam Bandung.

References

Abrori, S. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 126-145.

Berthon, P. R., Pitt, L. F., Plangger, K., & Shapiro, D. (2012). Marketing meets Web 2.0, social media, and creative consumers: Implications for international marketing strategy. Business horizons, 55(3), 261-271.

Puspitarini, D., & Nuraeni, A. (2019). Utilization of Social Media in Marketing Communication in a Vocational School. Proceeding of the International Conference on Education for Sustainable Development, 1(1), 108-111.

Syafitri, D., & Costaner, A. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi dan Pemasaran Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 157-169.

Tius, F. L., & Margareta, A. (2018). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pencapaian Target Siswa Baru di SMP Ksatrian Bogor. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 52-58.

Urmila, A. F., Kurniawan, T., & Ridwan, R. (2018). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen Produk Wardah di Pekanbaru). Jurnal Manajemen, 5(3), 1-11.

We Are Social & Hootsuite. (2023). Digital 2022: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Wijayanto, P. W., & Qana’a , M. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi Sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru . Jurnal Abdimas Mahakam, 7(02), 179–193. https://doi.org/10.24903/jam.v7i02.2291

Issue

Section

Articles