Penguatan Keterampilan Office dan Desain Grafis bagi Anak-Anak Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda

Authors

  • Taghfirul Azhima Yoga Siswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Arbansyah Arbansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Santi Yatnikasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1558

Keywords:

Pembinaan Keterampilan, Microsoft Office, Desain Grafis, Panti Asuhan Samarinda

Abstract

Peran technopreneurship dalam perkembangan teknologi dan industri di Indonesia yang mulai beradaptasi pada era revolusi industri 4.0 ke era society 5.0 saat ini sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Technopreneurship sendiri terdiri dari mengidentifikasi teknologi modern dan bahkan menciptakan peluang teknologi dengan menyajikan produk dan layanan komersial. Dalam perkembangannya, technopreneurship membutuhkan teknologi pendukung untuk menunjang kebutuhan kewirausahaan berbasis teknologi saat ini. Kemampuan dan keterampilan dasar individu tentang implementasi teknologi informasi pendukung seperti microsoft office dan desain grafis sangat diperlukan untuk dapat bersaing dan menciptakan peluang baru dalam perkembangan technopreneurship. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan melakukan survei lokasi, yang dilanjutkan dengan persiapan materi, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian dilakukan selama 1 hari yang dilangsungkan pada ruang pertemuan, dan kegiatan dihadiri sebanyak 8 anak Panti Asuhan Uswatun Hasanah. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan nantinya anak-anak panti asuhan mendapatkan pembekalan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam kewirausahaan berbasis teknologi informasi (digital). Selain itu kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mendorong pertumbuhan technopreneurship di kalangan usia produktif di Kota Samarinda.

References

Blanco, S., & Therin, F. (2007). How techno-entrepreneurs build a potentially exciting future. Handbook of research on techno-entrepreneurship, 1, 3-25.
Jameel, Z. (2021). What is Canva and what are its main features?. https://www.tutorialspoint.com/what-is-canva-and-what-are-its-main-features. Diakses tanggal 20 April 2022
Kautsar, A., & Prabowo, P. S. (2017). Membangun kemandirian financial anak pantiasuhan melalui pelatihan kewirausahaan. Jurnal Abdimas, 21(2), 153-160.
Lestari, P. A., & Lestari, N. P. E. B. (2019). Pelatihan Aplikasi Perkantoran Menggunakan Microsoft Office Di Panti Asuhan Rumah Impian Kota Denpasar. Jurnal Lentera Widya, 1(1), 30-34.
Lancet, Yaara; Zukerman, Erez (7 January 2014). "Canva review: Free tool brings much-needed simplicity to design process". PC World. Diakses tanggal 20 April 2022
Putri, R. A., Triase, T., Irawan, M. D., Nasution, A. B., Muliani, A., & Fakhriza, M. (2021). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Siswa SMA Panti Asuhan Bani Adam As. Jurnal Abdi Mas Adzkia, 1(2), 108-114.
Nuri (2021). “Yayasan Uswatun Hasanah” https://seedeka.com/listing/yayasan -uswatun-hasanah/ . Diakses tanggal 20 April 2022
Nova, N. (2015) Apa itu Teknopreneur (Definisi Technopreneur)? Tersedia di: http://novasuparmanto.com/apa-itu-teknopreneur-definisitechnopreneur/. Diakses tanggal 20 April 2022
Siregar, D., Purnomo, A., Mastuti, R., Napitupulu, D., Sadalia, I., Sutiksno, D. U., ... & Simarmata, J. (2020). Technopreneurship: Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Siswa, T. A. Y. ., Arbansyah, A., & Yatnikasari, S. . (2022). Penguatan Keterampilan Office dan Desain Grafis bagi Anak-Anak Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda . Jurnal Abdimas Mahakam, 6(02), 191–197. https://doi.org/10.24903/jam.v6i02.1558

Issue

Section

Articles