Pelatihan Pengelolaan Sampah, Pembuatan Dekomposer dan Pupuk Organik Cair bagi Santri Panti Asuhan Ruhamaa Kota Samarinda

Authors

  • Djihan Ryn Pratiwi 085347760561
  • erwin erwin
  • Ika Yekti liana Sari
  • irfa Ashari Hyahara
  • Noor Hindryawati
  • Eva Marliana

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1977

Keywords:

Panti Asuhan Ruhama, Pengelolaan Sampah, dekomposer, POC.

Abstract

Panti asuhan adalah suatu lembaga pelayanan sosial yang didirikan oleh pemerintah maupun masyarakat, bertujuan untuk membantu individu, kelompok masyarakat. Salah satu panti asuhan yang ada di kota Samarinda adalah Panti Asuhan Ruhama yang beralamatkan di Jalan Suryanata Kelurahan Bukit Pinang. Panti Asuhan Ruhama memenuhi kebutuhan anak-anak yang dirawatnya mulai dari tempat tinggal, makanan, kebutuhan sehari - hari hingga sekolahnya. Dalam Kegiatan sehari - hari Panti Asuhan Ruhama banyak menghasilkan sampah, sampah dipanti asuhan Ruhamaa terutama sampah organik belum dimanfaatkan dengan baik padahal panti Asuhan Ruhama memiliki green house. Untuk itu Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNMUL bekerjasama dengan PT. Global Environmet Laboratory (PT. GEL) pada hari Minggu, 25 September 2022 memberikan pelatihan mengenai Pengelolaan Sampah, Pembuatan Dekomposer dan Pupuk Organik Cair (POC) dari sampah organik berupa nasi sisa Bagi Santri Panti Asuhan Ruhama Kota Samarinda. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah metode ceramah ; memberikan materi pengelolaan sampah dan pembuatan dekomposer dan pupuk organik cair, metode eksperimen ; santri panti asuhan ruhama praktek terkait materi yang sudah disampaikan sebelumnya dan mengaplikasikan langsung pupuk organik cair yang sudah dibuat ke tanaman yang ada di green house milik panti. Dengan metode ceramah dan eksperimen dapat menambah pengetahuan dan skill keterampilan santri dalam mengelola sampah, pembuatan dekomposer dan pupuk organik cair (POC) serta dapat mengaplikasikan langsung  di green house milik panti. Dari hasil kuisioner dapat dijabarkan bahwa santri Panti Asuhan Ruhamaa menanggapi baik dengan rata - rata tanggapan terhadap pernyataan yang diberikan adalah baik sekali dengan presentase untuk tiap pernyataan sebesar 90%.

References

Sujarwo, Dkk. 2014. Pengelolaan Sampah Organik Dan Anorganik. Universitas Negeri. Yogyakarta : Yogyakarta
Hadi, Roni Assafat. 2019. Pemanfaatan Mol (Mikroorganisme Lokal) Dari Materi Yang Tersedia Di Sekitar Lingkungan :Agroscience 9(1)
Arifan, Fahmi, Dkk. 2020. Pemanfaatan Nasi Basi Sebagai Mikro Organisme Lokal (MOL) Untuk Pembuatan Pupuk Cair Organik di Desa Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang.2020. Jurnal Pengabdian Vokasi 1(4)

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Ryn Pratiwi, D., erwin , erwin ., Yekti liana Sari, I. ., Hyahara, irfa A., Hindryawati, N., & Marliana, E. (2023). Pelatihan Pengelolaan Sampah, Pembuatan Dekomposer dan Pupuk Organik Cair bagi Santri Panti Asuhan Ruhamaa Kota Samarinda. Jurnal Abdimas Mahakam, 7(01), 50–56. https://doi.org/10.24903/jam.v7i01.1977