Pengembangan Griya Anggrek Mekar Sari Kelurahan Kalisegoro Semarang

Authors

  • Noor Aini Habibah Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang http://orcid.org/0000-0003-2570-9916
  • Anindya Ardiansari Univeristas Negeri Semarang
  • Y. Ulung Anggraito Univeristas Negeri Semarang
  • Fitri Arum Sari Univeristas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.542

Keywords:

Griya Anggrek Mekar Sari, Kalisegoro, pengelolaan manajemen keuaangan, dan pemasaran anggrek.

Abstract

Griya anggrek Mekar Sari merupakan rumah anggrek di wilayah Kalisegoro yang mempunyai potensi besar untuk berkembang. Tujuan pendirian Griya Anggrek Mekar Sari adalah meningkatkan keterampilan dan juga pendapatan Ibu-Ibu di wilayah RW 4 Kalisegoro Gunungpati Semarang. Tetapi sampai saat ini, 1 tahun setelah berdiri, tujuan tersebut belum tercapai. Berbagai penyebab telah diidentifikasi yaitu : penjualan yang rendah dan manajemen keuangan yang belum dilakukan. Tingkat penjualan yang rendah antara lain dipengaruhi terbatasnya koleksi anggrek, pemasaran yang hanya terbatas pada wilayah sekitar Kalisegoro, dan juga belum memadainya jumlah tenaga yang terampil memelihara anggrek serta sarana dan prasarana yang masih terbatas.  Koleksi anggrek masih didominasi oleh jenis Dendrobium dengan keanekaragaman yang masih rendah. Terbatasnya jumlah tenaga terampil dalam budidaya anggrek menyebabkan kualitas anggrek yang ada juga tidak maksimal. Kurangnya sarana dan prasarana untuk budidaya anggrek juga menyebabkan kualitas anggrek sulit ditingkatkan. Belum dilaksanakannnya manajemen keungan juga menyebabkan rendahnya pendapatan. Dukungan untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan pengelolaan Griya Anggrek Mekar Sari yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan, budidaya anggrek, pemasaran anggrek serta  penyediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk budidaya anggrek. Terlaksananya manajemen keuangan yang baik, kualitas anggrek yang tinggi, koleksi anggrek yang beragam dan pemasaran anggrek yang luas telah meningkatkan penjualan. Koleksi anggrek meningkat hingga 98 %. Penjualan meningkat hingga 81%. Program pengembangan rumah anggrek  Griya Anggrek Mekar Sari memberikan hasil yang positif.

 


Author Biography

Noor Aini Habibah, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

Univeristas Negeri Semarang

References

Sabran M., A. Krismawati, Y.R. Galingging, dan M.A. Firmansyah. 2003. Eksplorasi dan Karakterisasi Tanaman Anggrek di Kalimantan Tengah. Buletin Plasma Nutfah Vol.9 No.1: 1-6.

Kartikaningrum, S, Dyah widastoety & Kusumah. 2004. Panduan Karakterisasi TanamanAnggrek. Badan penelitian dan pengembangan pertanian komisi nasional platma.

Darmono, D. W. 2008. Agar Anggrek Rajin Berbunga. Jakarta : Penebar Swadaya.

Sarwono, B. 2002. Mengenal dan membuat anggrek hibrida. Agromedia. Jakarta

Iswanto, H. 2002. Petunjuk Perawatan Anggrek. Angromedia. Jakarta.

Gunawan, L. W. 2007. Budidaya Anggrek. Edisi Revisi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Habibah, N. A., Ardiansari, A., Anggraito, Y. U., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Griya Anggrek Mekar Sari Kelurahan Kalisegoro Semarang. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.24903/jam.v4i1.542

Issue

Section

Articles